Tim SAR Temukan 7 Pendaki Gunung Lawu dalam Keadaan Selamat

Pythag Kurniati    •    29 Juli 2015 21:01 WIB
7 pendaki hilang di gunung lawu
Tim SAR Temukan 7 Pendaki Gunung Lawu dalam Keadaan Selamat
Petugas gabungan berkoordinasi untuk menemukan tujuh pendaki hilang di Gunung Lawu, 29 Juli 2015, Foto: Antara/Maulana Surya

Metrotvnews.com, Karanganyar: Tim SAR gabungan menemukan tujuh pendaki yang sempat dinyatakan hilang dari Gunung Lawu, di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Ketujuh pendaki itu ditemukan selamat pada Pukul 16.27 WIB setelah dinyatakan hilang pada Selasa malam, 28 Juli, malam. Mereka mulai mendaki gunung pada Sabtu, 25 Juli. Perkiraaan, mereka turun kembali pada Minggu, 26 Juli. Namun, hingga Selasa tak ada kabar.

Lokasi penemuan pada ketinggian 3.100 meter di bawah permukaan laut atau satu kilometer dari puncak Gunung Lawu. Lokasi penemuan dikenal dengan nama Sendang Drajat.

“Tadinya kita akan menerjukan tim lagi jika mereka belum ditemukan, tapi sore tadi sudah ditemukan. Semuanya dalam keadaan selamat dan dalam perjalanan ke bawah," kata Kepala Kantor SAR Semarang, Agus Haryono, saat dihubungi Metrotvnews.com, Rabu (29/7/2015).

Sebanyak 103 orang diterjunkan dalam pencarian. Mereka dibagi menjadi lima tim. Pencarian diburu waktu mengingat suhu Gunung Lawu mencapai 4 derajat celcius pada malam hari.

“Salah satu tim gabungan yang terdiri 21 orang yang menemukan mereka. Nantinya mereka akan dibawa turun melalui jalur Cemoro Sewu. Jalur tersebut lebih cepat,” imbuhnya.

Jika tidak ada halangan, ketujuh pendaki tersebut akan tiba sekitar pukul 21.00 WIB.

Ketujuh pendaki yang sempat dinyatakan hilang antara lain Abdul, 9; Sasi, 11; Refi, 18; Maya Mega Pratiwi, 18; Rizai, 18; Guruh Putra, 18; dan Gabriel, 18. Dua di antara pendaki tersebut merupakan anak-anak.


(UWA)

Video /