Kendala Naif Rilis Piringan Hitam

Agustinus Shindu Alpito    •    30 Juli 2015 10:59 WIB
band naif
Kendala Naif Rilis Piringan Hitam

Metrotvnews.com, Jakarta: Tiga album pertama Naif, Naif (1998), Jangan Terlalu Naif (2000) dan Titik Cerah (2002) akhirnya kembali dirilis dalam format vinyl atau piringan hitam. Tidak mudah bagi Naif dan Demajors selaku pihak yang merilis ulang album ini untuk merilis piringan hitam dari band berkonsep retro itu.

Tiga album pertama Naif berada di bawah naungan perusahaan rekaman Bulletin Musik dari PT Indo Semar Sakti. Perusahaan rekaman itu saat ini sudah tidak ada. Sehingga sulit untuk mengurus master rekaman dari album itu.

"Sudah tidak ada hak (royalti) Naif di (album) ini. Ini records label Naif yang dulu yang pegang semua master Naif ada di Bulletin. Gue salut banget sama Demajors bisa dapet rights-nya," kata David Bayu, vokalis Naif, saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (30/7/2015).

David menceritakan bahwa upaya untuk kembali merilis album-album lama Naif sudah lama diwacanakan. Tetapi hal itu selalu terbentur dengan proses pengurusan hak kepemilikan master album.

"Dari dulu banyak yang mau beli vinyl ini, tapi master bukan di kita. kalau berhasil mendapatkan rights dari Indo Semar Sakti dan Bulletin, silakan saja," sambung Bayu.

Saat disinggung soal royalti dari album lama Naif, mengingat perusahaan rekaman yang memegang hak master rekaman sudah tidak ada, David secara mengejutkan menegaskan bahwa Naif sudah tidak mendapat royalti.

"Dari Naif enggak masalah royalti enggak dapat, anak-anak (Naif) memutuskan enggak pakai royalti. Kalau ada itikad baik dari label memberi reward dengan senang hati kita terima. Kita akhirnya punya publisher, biar publisher-nya yang mengurus. Kita ngikut saja," sambung pria yang juga jadi pembawa acara televisi itu.


Piringan hitam tiga album Naif masing-masing dibuat sebanyak 400 plat. Dari pantauan Metrotvnews.com, para pembeli piringan hitam album tersebut sangat antusias. Ditandai dengan mengularnya antrean sejak dua jam sebelum penjualan dimulai. Penjualan sendiri baru dimulai pukul 20:00. Selang satu jam kemudian Naif tampil menghibur para pembeli, sebelum akhirnya menggelar sesi tanda tangan.

Hingga pukul 23:00 pembeli masih terus berdatangan. Tiap album dijual dengan harga Rp300 ribu. Sementara untuk pembelian tiga sekaligus, dibanderol dengan Rp750 ribu (hanya tersedia 150 paket). Sekitar pukul 12:00, di akhir waktu penjualan, setidaknya hanya tersisa 50 plat dari tiap album.


(FIT)

Joao Cancelo Resmi Menjadi Milik Inter Milan
Inter Milan 2017--2018

Joao Cancelo Resmi Menjadi Milik Inter Milan

2 hours Ago

Inter Milan secara resmi mengonfirmasi perekrutan Joao Cancelo dengan status pinjaman dari Vale…

BERITA LAINNYA
Video /