Pertumbuhan Ekonomi RI Masih Tergantung SDA

Antara    •    30 Juli 2015 13:00 WIB
ekonomi indonesia
Pertumbuhan Ekonomi RI Masih Tergantung SDA
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Palembang: Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini masih bergantung dengan Sumber Daya Alam (SDA) yang ada sehingga sektor unggulan itu sangat berpengaruh terhadap gejolak pasar dunia.

"Sekarang ini pasaran komoditi unggulan menurun sehingga berdampak terhadap perekonomian Indonesia," kata Agus, dalam sebuah seminar tentang Laporan Perekonomian Indonesia 2014, di Palembang, Kamis (30/7/2015).

Ia tak memungkiri bahwa selama ini harga komoditi unggulan seperti batu bara, karet, dan kelapa sawit harganya cukup tinggi sehingga dampaknya kepada perekonomian juga baik. Namun, dalam beberapa tahun sekarang ini harga komoditi unggulan tersebut mengalami penurunan.

"Selain itu, sekarang ini banyak membeli barang dari luar negeri daripada mengirim barang. Begitu juga utang luar negeri cukup tinggi sehingga hal tersebut akan berpengaruh terhadap perekonomian Indonesia," ujar dia.

Karenanya, Agus berharap agar persoalan ini bisa segera dicarikan jalan keluarnya dalam rangka meningkatkan perkeonomian Indonesia. Dirinya pun menekankan bahwa pihaknya terus berupaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

"Salah satunya antara lain mengurangi pengiriman barang mentah keluar negeri supaya ada nilai tambah. Begitu juga dalam penghapusan subsidi BBM lalu juga dapat menekan penurunan pertumbuhan ekonomi karena dana itu antara lain untuk pembangunan infrastruktur," pungkas Agus.


(ABD)

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco
Bursa Transfer Pemain

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco

4 hours Ago

Manchester United tampaknya mulai menyerah mengejar winger Inter Milan Ivan Perisic. Teranyar, …

BERITA LAINNYA
Video /