Iran-Indonesia Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Perdagangan & Investasi

Husen Miftahudin    •    30 Juli 2015 13:35 WIB
indonesia-iran
Iran-Indonesia Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Perdagangan & Investasi
Wakil Presiden Jusuf Kalla. FOTO: MTVN/Husen Miftahudin

Metrotvnews.com, Jakarta: Hubungan diplomatik yang semakin akrab membuat Duta Besar Iran untuk Indonesia, Valiollah Mohammadi menyambangi kantor Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Bertamunya perwakilan dari negeri Persia ini cukup membahas banyak hal, termasuk peningkatan perdagangan dan investasi.

"Mengingat potensi yang pada kedua negara, kami membahas apa yang bisa dikerjasamakan dan meningkatkan kebudayaan, sosial, ekonomi, perdagangan, investasi, politik, politik dan lain-lain. Kesepakatan ini dapat mendorong kerja sama perdagangan antarkedua negara.," ujar Valiollah ditemui di kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (30/7/2015).

Lebih rinci, Deputi Sekretaris Wakil Presiden bidang Politik, Dewi Fortuna Anwar menjelaskan, dalam waktu dekat ini pihak Iran akan mengirimkan tiga delegasinya sebagai wujud peningkatan kerja sama Iran-Indonesia. Pertama, delegasi ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) canggih yang di antaranya dalam bidang nuklir.

"Kita tahu bahwa Indonesia dulu sudah menunjukkan keinginan untuk bisa mengawal kerja sama dengan negara-negara sahabat untuk mengembangkan teknologi nuklir untuk tujuan damai," ungkapnya.

Kedua, delegasi tingkat tinggi dari bidang perminyakan yang nantinya kerja sama perminyakan akan menjadi salah satu prioritas perdagangan antarkedua negara. Sedangkan ketiga, adalah delegasi dari bank sentral Iran yang akan bertemu dengan Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Karena selama ini walaupun ada keinginan tapi itu terkendala masalah keuangan dan perbankan. Karena Iran ini kena sanksi, jadi dari segi kredit ekspor, pembayaran yang memerlukan intermediasi bank itu kan sulit. Ini yang akan diprioritaskan," papar Dewi.


(AHL)

Arsenal Terancam Kehilangan Chamberlain
Bursa Transfer Pemain

Arsenal Terancam Kehilangan Chamberlain

4 hours Ago

Arsenal masih dipusingkan dengan isu masa depan para pemainnya. Selain Alexis Sanchez, The Gunn…

BERITA LAINNYA
Video /