Adriansyah Benarkan Minta Uang Buat Kongres PDIP Kepada Pengusaha Tambang

Renatha Swasty    •    30 Juli 2015 16:52 WIB
adriansyah
Adriansyah Benarkan Minta Uang Buat Kongres PDIP Kepada Pengusaha Tambang
Adriansyah di Tipikor----Ant/Akbar Nugroho

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Adriansyah mengaku meminta uang kepada Direktur PT Mitra Maju Sukses (MMS) Andrew Hidayat. Uang dia untuk dibagikan buat kadernya dalam Kongres IV PDIP di Sanur, Denpasar, Bali, April 2015.

"Saya mengatakan minta tolong, insya Allah nanti saya bayar," beber Adriansyah saat bersaksi buat terdakwa Andrew Hidayat di Pengadilan Tipikor, Jalan H.R. Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (30/7/2015).

Adriansyah yang juga mantan Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan, itu mengatakan, dalam kongres ia ingin memberikan uang buat kadernya. Sebab sebelum kongres, mulai banyak kadernya yang meminta untuk dibantu. Adapun jumlah keseluruhan yang akan dia bantu sebanyak 105 kader.

"Saya waktu itu kongres, kader-kader saya dari Kalimantan Selatan, 105 orang dari kabupaten, kecamatan, desa, biasa kegiatan lima tahun sekali. Banyak sekali kader yang ikut. Setengah bulan sebelum berangkat banyak yang minta bantu itu yang menjadi dasar mengajukan bantuan ke bapak," ungkap Adriansyah.

Terkait permintaan itu, Andrew yang juga pengusaha tambang batu bara memberikan uang sebesar Rp500 juta. Uang terbagi antara pecahan rupiah dan uang dollar Singapura. Adapun, uang diberikan lewat ajudan Andrew, Briptu Agung Krisdiantoro. Agung datang langsung menyerahkan uang ke Swissbell Hotel, Bali, tempat Adriansyah menginap saat kongres berlangsung.

"Yang rupiah karena akan segera dibagikan hari itu, dollarnya buat besok dibagikan. Nanti ditukar lagi " kata Adriansyah.

Ketika ditanya Ketua Hakim John Halasan Butar-butar apa motif pemberian uang kepada kader itu, Adriansyah membantah ingin mengajukan diri menjadi calon gubernur. Pemberian uang pada kader, kata dia, murni karena ingin membantu kadernya.

"Enggak benar. Karena waktu kongres Kamis malam rapat pengurus se-Kalsel itu diumumkan DPD bahwa calon gubernur bukan Andriansyah," kata dia.


(TII)

Arsenal Terancam Kehilangan Chamberlain
Bursa Transfer Pemain

Arsenal Terancam Kehilangan Chamberlain

9 hours Ago

Arsenal masih dipusingkan dengan isu masa depan para pemainnya. Selain Alexis Sanchez, The Gunn…

BERITA LAINNYA
Video /