Salurkan Listrik, Pemerintah Bakal Bangun Transmisi 46 Ribu Km ke Penjuru Indonesia

Husen Miftahudin    •    30 Juli 2015 17:52 WIB
listrik
Salurkan Listrik, Pemerintah Bakal Bangun Transmisi 46 Ribu Km ke Penjuru Indonesia
sofyan basyir, husen, mtvn

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah berkomitmen untuk membangun mega proyek listrik sebesar 35 ribu megawatt (mw) selama lima tahun. Pemerintah juga akan membangun transmisi listrik sepanjang 46 ribu kilometer (km) ke seluruh penjuru Indonesia untuk mendukung penyaluran mega listrik tersebut,.

Pembangunan ini direncanakan akan rampung dalam kurun waktu selama lima tahun. Pemerintah menunjuk PT PLN (Persero) sebagai penanggung jawab pembangunan transmisi listrik sepanjang 46 ribu km tersebut.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan bahwa dalam pembangunan transmisi tersebut, PLN akan memiliki tiga kontrak. Pertama, pembeli bahan baku baja kepada Krakatau Steel dan industri baja swasta.

"Kedua pabrikasi untuk membuat bahan-bahan yang mau dirakit. Ketiga, konstruksi," ujar Sudirman saat ditemui di kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (30/7/2015).

Pembangunan ini akan melibatkan kontraktor-kontraktor daerah. Sehingga diharapkan semua tingkat industri, baik industri hulu hingga hilir akan hidup memajukan pembangunan transmisi listrik.

"Transmisi itu mesti dibangun secara masal karena melibatkan berbagai pihak termasuk industri baja, industri dalam negeri dan pengusaha menengah di daerah. Karena memang membutuhkan massive approach dalam pembangunannya," papar Sudirman.

Sementara itu, Direktur Utama PLN, Sofyan Basir mengungkapkan, pengadaan bahan baku transmisi dan perakitan berada di PLN dengan sistem tender kepada penyedia baja dan kontraktor listrik.

"Sesuai kebutuhan masing-masing saja. Seperti Sumatera sendiri, tentunya kan sesuai Gapensi (Gabungan Pengusaha Konstruksi) setempat, Gabungan konstruksi di daerah atau kontraktor listrik di daerah-daerah," pungkas Sofyan.



(SAW)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

1 day Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /