Internet

Jurnalisme Warga yang Mengakibatkan Pemecatan Pekerja Food Court

Fitra Iskandar    •    30 Juli 2015 17:58 WIB
Jurnalisme Warga yang Mengakibatkan Pemecatan Pekerja <i>Food Court</i>
Foto: Stomp.

Metrotvnews.com: Zaman internet dan ponsel cerdas memungkinkan orang berbagi pandangan mata ke seluruh dunia hanya dalam sekejap. Kecanggihan teknologi ini memunculkan antusiasme publik untuk mengajak orang lain melihat apa yang disaksikan.

Dengan tren seperti itu, semakin hari tampaknya orang harus ekstra hati-hati dalam bersikap di area publik. Jangan sampai kejadiannya seperti yang dialami pekerja perempuan sebuah gerai makanan di food court Sun Plaza Kopitiam Singapura.

Gara-gara seseorang merekam gerak-gerik karyawan itu dan mengunggahnya ke situs jurnalisme warga, Stomp, pemecatan pun terjadi.

Renny, kontributor di situs Stomp membagi pengalaman yang ia saksikan saat makan siang bersama keluarganya di food court sana. Dalam video yang ia unggah, ia menunjukkan  ulah seorang pekerja yang sedang santai sambil menyayat-nyayat salah satu bagian telapak tangannya, dengan pisau. Mungkin ia sedang mengupas bagian kulitnya yang kering.

Renny menyebut ulah itu "buruk sekali dan tidak higienis". " Peristiwa mengganggu menyita perhatian saya ketika saya melihat seorang perempuan yang bekerja di gerai nasi, membersihkan kulit tangannya dengan pisau."

Menurut Renny, pegawai itu bahkan tidak mencuci pisau, setelah melakukan hal yang ia anggap menjijikan tersebut. Ia hanya menyekanya dan meletakkan kembali.

Video ini buntutnya panjang. The Straits Times melaporkan, pihak Plaza Kopitiam mengirimkan surat teguran kepada gerai tempat karyawan itu bekerja. Gerai kemudian melakukan pemecatan hari itu juga,  27 Juli.

Kopitiam sendiri mengklarifikasi bahwa pisau itu adalah barang untuk pemakaian personal staf, bukan untuk menyiapkan makanan. Namun mereka tidak senang.

"Apapun, ulahnya tidak bisa diterima dan tidak sesuai dengan standar kebersihan di outlet-outlet makanan di Kopitiam," kata juru bicara Kopitiam.

Dampaknya memang lumayan heboh. Buktinya The National Environment Agency (NEA), organisasi kebersihan dan lingkungan di bawah kementerian Lingkungan dan Sumberdaya Air Singapura pun sampai menghubungi pihak Stomp, terkait insiden itu.

 
(FIT)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

21 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /