'Koboi Jalanan' di Tol JORR Beli Baretta M84 Rp3,5 Juta

Arga sumantri    •    30 Juli 2015 21:29 WIB
penembakan
'Koboi Jalanan' di Tol JORR Beli Baretta M84 Rp3,5 Juta
Ilustrasi. Antara Foto/Fikri Yusuf

Metrotvnews.com, Jakarta: Rachmanto membeli senjata air gun tipe Baretta M84 seharga Rp3,5 juta. Senjata itu pula yang akhirnya dia gunakan untuk menambak mobil Daihatsu Xenia (ralat, sebelumnya ditulis Toyota Avanza) di Tol JORR.

"Pistolnya saya beli di Rangers (klub menembak). Resmi (ada surat), harganya kurang lebih Rp3,5 juta," kata Rachmanto di Mapolres Jakarta Timur, Kamis (30/7/2015).

Kapolres Jakarta Timur Kombes Umar Faroq belum bisa memastikan senjata itu legal atau ilegal. Polisi akan menyelidiki klub menembak Rangers, termasuk kewenangannya mengeluarkan senjata.

"Ini resmi atau tidak akan ditelusuri. Sejauh mana Rangers Club ini berhak mengeluarkan senjata api," kata Faroq.

Dia mengatakan, instansi yang berhak mengeluarkan senjata api adalah Mabes Polri. Namun sejak 2009, Kepolisian tidak memberikan izin masyarakat umum menggunakan senjata gas atau senjata api.

Rachmanto ditangkap polisi di rumahnya di Tangerang Selatan, Rabu malam 29 Juli. Polisi menyita air gun
Baretta M84 dan ratusan proyektil kuningan dan plastik.

Polisi juga mengamankan surat kepemilikan dan kartu tanda anggota klub tembak Rangers Shooting Club milik pengemudi KIA Picanto itu. Dalam kartu itu ditulis kantor klub tembak itu di Jalan Baret Biru IV, Cijantung IV, Jakarta Timur.


(TRK)