Malaysia Airlines MH370

Penemuan Bagian Pesawat Dongkrak Nama Pulau Kecil di Prancis

Fajar Nugraha    •    31 Juli 2015 06:34 WIB
malaysia airlines
Penemuan Bagian Pesawat Dongkrak Nama Pulau Kecil di Prancis
Bagian pesawat yang diduga berasal dari Malaysia Airlines MH370 (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Saint-Andre: Johnny Begue tidak mengira akan menemui bagian penting dari sebuah pesawat. Penemuan ini juga melambungkan nama sebuah pulau kecil yang masih wilayah dari Prancis.

Begue tengah menyusuri pantai untuk mencari kerikil untuk menumbuk cabai. Namun tiba-tiba saja diia melihat bagian pesawat, yang nantinya membuat Pulau Reunion menarik perhatian dunia.

Bersama dengan tim pembersih pantainya, Begue melakukan aktivitas rutin di wilayah timur Saint-Andre itu. Saat istirahat itu lah Begue melihat sesuatu yang aneh di pinggiran pantai.

"Saat itu saya melihat benda aneh di pinggiran pantai," ujar Begue, yang kemudian memanggil rekannya, seperti dikutip AFP, Jumat (31/7/2015).

"Saya sadar itu adalah bagian dari pesawat," tutur rekan Begue, Cedric Gobalsoumy.

Benda sepanjang sekitar dua meter itu dan diperkirakan sebagai bagian dari sayap, ditemukan dalam kondisi setengahnya tertutup pasir. Selain itu banyak karang tampak pada pinggirannya.

"Kemudian kami menarik benda itu ke daratan untuk menghindarinya kembali tersapu ke laut," sebut Gobalsoumy.

Tetapi orang-orang ini tidak tahu bahwa bagian kecil dari pesawat tersebut akan memicu badai spekulasi. Benda ini juga menjadi harapan baru untuk menemukan pesawat Malaysia Airlines MH370 dan memecahkan misteri terbesar dalam sejarah penerbangan dunia.

Setelah penemuan itu, mereka sempat berpikir untuk membiarkan potongan pesawat itu agar wisatawan melihat. Namun Gobalsoumy menyadari ini tidak bisa dibiarkan.

"Sebuah potongan pesawat di laut tidaklah normal. Kami menilai bahwa banyak orang yang mungkin tewas dalam pesawat ini dan keluarganya ingin mengetahui penyebabnya," jelas Gobalsoumy.


Foto: Johnny Begue/AFP

Mereka pun memutuskan untuk mengabarkan penemuan ini ke polisi. "Seorang rekan saya juga mencari informasi tentang kecelakaan pesawat, dia menemukan mengenai kisah Malaysia Airlines," tutur Begue.

Dalam waktu singkat, kabar ini menyebar ke dunia dan penyelidik datang untuk melakukan pemeriksaan dari puing tersebut. "Saya tidak tahu bahwa mencari penumbuk untuk cabai saya akan membuat kami terkenal," imbuh Begue.

Warga setempat merasa senang dengan perhatian media dunia dengan pulau sepi itu. Sebelumnya mereka hanya mendapat perhatian dari 18 serang hiu sejak 2011, tujuh di antara serangan itu menimbulkan korban jiwa.

"Untuk pertama kali mereka tidak membicarakan kami karena serangan hiu, ini sangat bagus," sebut mahasiswa berusia 23 tahun, Anna Grondin.

Para ahli dari Malaysia sudah dikirim ke pulau itu, namun pihak berwenang bersikeras bahwa mereka tidak akan mengambil kesimpulan dengan cepat.
 


(FJR)


Deschamps Berharap Pemain Prancis Raih Ballon d'Or
Timnas Prancis

Deschamps Berharap Pemain Prancis Raih Ballon d'Or

11 hours Ago

Meski demikian ia percaya pemenang Ballon d'Or dalam 10 edisi sebelumnya, Lionel Messi dan …

BERITA LAINNYA
Video /