Lampu Hijau dari Kemendag untuk Freeport

Gervin Nathaniel Purba    •    31 Juli 2015 08:11 WIB
freeport
Lampu Hijau dari Kemendag untuk Freeport
Tambang Freeport di Papua -- ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah mengeluarkan Surat Persetujuan Ekspor (SPE) terkait pengiriman konsentrat PT Freeport Indonesia.

Setelah mendapat izin dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), akhirnya Freeport dapat memperpanjang izin ekspornya usai diberi restu Kemendag. Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel mengaku sudah menandatanganinya Rabu kemarin. Ia menjelaskan sebelumnya sempat tertunda lantaran ada perbedaan dalam kuantitas dan ukuran satuan volume ekspor dalam kelengkapan dokumen.

"Ada perbedaan dalam kuantitas dan ukuran satuan volume ekspor dalam kelengkapan dokumen. Namun beberapa ketentuan yang beda soal satuan kuantitas, itu sudah selesai. Kemarin sudah saya tanda tangan," ujar Mendag Rachmat Gobel saat ditemui di Auditorium Kemendag, Jakarta, Kamis, 30 JUli 2015.

Di kesempatan yang sama, Pelaksana Tugas Direktur Jendral Perdagangan Luar Negeri (Dirjen Daglu) Karyanto Suprih menyatakan hal yang sama. Di mana penundaan SPE ini lantaran ada perbedaan besaran kuantitas antara Kementerian ESDM dengan pihak bea cukai.

Menurut Karyanto, bila ada perbedaan besaran kuantitas antara Kementerian ESDM dengan pihak bea cukai, maka Kemendag tidak bisa mengeluarkan SPE.

"Yang pasti sudah dikeluarkan surat izin ekspornya berdasarkan rekomendasi Kementerian ESDM. Kemarin lambat prosesnya karena satuan volumenya beda. Jangan sampai bedalah," ujar Plt Dirjen Daglu Karyanto Suprih yang menggantikan posisi Partogi Pangaribuan.


(AHL)


Video /