Tiga Pesan Kapolri untuk Kapolda Papua Baru

Githa Farahdina    •    31 Juli 2015 09:32 WIB
penyerangan
Tiga Pesan Kapolri untuk Kapolda Papua Baru
Serah terima Kapolda Papua. (Foto: MTVN/Githa Farahdina)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kapolri Jenderal Badrodin Haiti memberikan tiga pesan khusus untuk Kapolda Papua yang baru, Brigjen Paulus Waterpau dan Kapolda Papua Barat yang baru Brigjen Royke Lumowa.
 
Pertama, Kapolri meminta Kapolda berkomunikasi dengan berbagai unsur di wilayah itu. Utamanya komunikasi dengan gereja. Hal ini penting, karena masyarakat Papua pedalaman tak tahu informasi dari luar.
 
"Dia tidak tahu siapa presiden, menteri, tidak baca koran, tidak nonton TV, yang mereka tahu hanya apa kata pendeta dan pastur. Pendekatan dan komunikasi kepada gereja sangat penting," tegas Badrodin di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (31/7/2015).
 
Komunikasi juga harus dilakukan terhadap lembaga adat. Pasalnya, Papua merupakan daerah yang lembaga adatnya sulit dimasuki. Selain itu, komunikasi dengan unsur pemerintahan sangat penting, karena Papua terdiri dari berbagai suku yang masing-masing bisa berdiri sendiri.
 
"Komunikasi terhadap kelompok masyarakat, termasuk LSM di sana juga penting," tambahnya.
 
Kedua, polisi harus membantu ketertinggalan di Papua. Polisi ikut serta mengamankan infra struktur, kegiatan di daerah, termasuk membantu kekurangan pendidik di pedalaman. Bantuan pelayanan kesehatan juga harus dilakukan.
 
"Pendekatan ini sangat bagus untuk menarik simpati masyarakat. Hal ini sudah banyak dilakulan anggota Polri di lapangan," tambahnya.
 
Ketiga, terkait penanganan kelompok bersenjata. "Utamakan menyadarkan mereka agar kembali bergabung dengan masyarakat lain untuk bersama membangun Papua. Ada anggota Polri, pejabat Polri yang bisa berkomunikasi," katanya


(FZN)


Video /