Paul McCartney Beberkan Repotnya the Beatles Bikin Lagu

Agustinus Shindu Alpito    •    31 Juli 2015 10:27 WIB
beatles
Paul McCartney Beberkan Repotnya the Beatles Bikin Lagu
Paul McCartney (Foto: lasandino.com)

Metrotvnews.com, London: Sepanjang kariernya the Beatles berhasil merekam 309 lagu. Namun, ternyata Paul McCartney dan mendiang John Lennon masih memiliki lagu yang potensial jadi hit. Sayangnya, lagu-lagu itu belum sempat direkam.

Dalam sebuah acara bincang-bincang, Paul McCartney menyebutkan bahwa alat perekam era sekarang memudahkan para musisi untuk merekam ide-ide musik.

"Segalanya telah berubah. Anda punya alat perekam yang mengubah proses penulisan lagu. Misalnya, John (Lennon) dan saya tidak punya alat perekam saat kami pertama menulis lagu, kami menulis liriknya dan hanya mengingatnya," kata Paul seperti dilansir dari NME, Jumat (31/7/2015).

Karena hanya mengandalkan memori otak, tak jarang ide-ide musik para personel The Beatles itu lenyap karena lupa.

"Selalu ada risiko lupa. Saat Anda bangun keesokan hari dan Anda lupa (nada musik yang diciptakan), itu berlalu begitu saja. Secara aktual Anda harus menulis lagu yang mudah diingat, karena Anda harus mengingatnya atau hilang bergitu saja! Banyak lagu-lagu yang hilang karena proses ini," lanjut Paul.

Meski the Beatles terbilang sebagai band yang sukses di zamannya, bukan berarti mereka punya segalanya.

"Kami tidak memiliki tape perekam. Sekarang Anda bisa menggunakan ponsel. Sehingga bisa dengan mudah membuat lagu, menyelesaikannya, mengingat semuanya, lakukan dengan cepat dan rekam (ide musik) itu. Sekarang, karena kita bisa merekam ide musik dalam perangkat, saya punya jutaan ide yang ingin saya rekam dan dijadikan (lagu)," sambung mantan bassist The Beatles itu.

Andai saja the Beatles memiliki alat perekam, bukan tidak mungkin akan lebih banyak lagi lagu-lagu hebat yang mereka lahirkan.

Kini Paul tetap produktif di bidang musik dengan melakukan kolaborasi dengan musisi-musisi muda, salah satunya Kanye West. Dalam sebuah kesempatan bahkan Paul mengatakan proses kreatif pembuatan lagu dengan West serupa dengan yang dilakukannya dengan John Lennon. (NME)


(AWP)


Video /