Genjot Wisata Bahari, Kemenpar Suntik Rp 10 M ke Pelni

Aulia I. Salam    •    31 Juli 2015 16:03 WIB
wisata pantai
Genjot Wisata Bahari, Kemenpar Suntik Rp 10 M ke Pelni
Menpar Arief Yahya dan Dirut PT Pelni Elfien Guntoro dengan latar belakang lambung KM Kelud. (foto: MTVN/Aulia)

Metrotvnews.co, Jakarta: Sebagai negara kepulauan, Indonesia amat sangat kaya dengan wisata bahari. Potensi ini yang sekarang Kementerian Pariwisata genjot dengan target perolehan USD 1 miliar.

Target sebesar itu bukan omong kosong. Melihat data 2015 dan 2014, maka ada kecenderungan bahwa jumlah wisatawan dari manca negara bertambah signifikan.

"Tahun lalu 1 juta orang wisman, pertengahan tahun ini 1,3 juta," ujar Menpar Arief Yahya.

Ini disampaikannya dalam penandatanganan nota kerja sama antara wisata bahari antara Kemenpar dengan PT Pelni, Kamis (31/7/2015). Penandatangan berlangsung di KM Kelud yang bersandar di dermaga pelabuhan penumpang Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Di dalam kerjasama ini PT Pelni bukan hanya akan mengerahkan armada kapal penumpangnya sebagai transportasi utama paket wisata bahari Nusantara. Melainkan menyediakan paket-paket wisata bahasi di seluruh wilayah RI.

Dana sebesar Rp 10 miliar segera Kemenpar suntikkan kepada PT Pelni untuk memoles paket-paket wisata bahari andalan. Sejauh ini ada tujuh paket tujuan wisata bahari yang sedang PT Pelni garap. Wisata ke Labuan Bajo (NTT), Bunaken (Maluku), Raja Ampat (Papua), Banda Neira (Maluku), Derawan (Kalimantan Timur), Karimun Jawa (Jawa Tengah) dan Anambas (Kepulauan Riau). 

Paket ke kepulauan Karimun Jawa di laut Jawa yang  sudah berjalan. Biaya pun tergolong terjangkau.

"Cukup Rp 1.5 juta sampai Rp 2.5 juta per orang untuk paket wisata tiga hari," ujar Dirut PR Pelni Elfien Guntoro yang menggunakan batik berwarna coklat.
 


(LHE)


Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate
Timnas Inggris

Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate

3 weeks Ago

Adam Lallana merasa Gareth Southgate sudah melakukan keputusan tepat dengan tidak memanggilnya …

BERITA LAINNYA
Video /