Mentan Berharap Ekspor Terus Meningkat

Eko Nordiansyah    •    31 Juli 2015 19:35 WIB
eksporpangankementan ads
Mentan Berharap Ekspor Terus Meningkat
Jagung akan di ekspor ke Filipina (Foto: MTVN/Eko Nordiansyah)

Metrotvnews.com, Sumbawa: Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menyatakan akan mengendalikan impor jagung selama petani nasional masih mampu memenuhi kebutuhan jagung nasional. Dirinya menilai, impor jagung justru akan membuat harga jagung petani jatuh.

"Selama petani masih mampu memproduksi jagung, kami tidak akan biarkan jagung impor masuk. Kalau impor terus harganya jatuh," ujar dia, di Pelabuhan Badas, Sumbawa, Jumat (31/7/2015).

Dirinya juga meyakini, capaian produksi jagung nasional dipastikan aman untuk stok hingga akhir tahun, sehingga tidak diperlukan impor. Bahkan kalau produksi melebihi target, dirinya menginginkan ekspor terus ditingkatkan.

"Sampai saat ini, ekspor jagung secara nasional sudah mencapai 400 ribu ton. Ke depan harapannya bisa mengekspor jagung hingga 700 ribu ton," jelas dia.

Amran menambahkan, ekspor jagung Indonesia yang telah mencapai 400 ribu ton tersebut berasal dari Gorontalo, Sulawesi Selatan, Dompu, Bima, Sumbawa, serta daerah lainnya.

Sebelumnya, Mentan Amran meresmikan pengiriman 12.000 ton jagung asal Sumbawa ke Filipina. Hal ini tidak lepas dari produksi jagung Sumbawa yang merupakan salah satu sentra penghasil jagung terbesar di Indonesia.


(ABD)


Video /