3 Alasan UU Pilkada Bikin Semua Senang

Githa Farahdina    •    01 Agustus 2015 12:07 WIB
pilkada serentak
3 Alasan UU Pilkada Bikin Semua Senang
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ida Budhiati (kiri) bersama Komisioner Bawaslu Endang Wihdatiningtyas (kanan)---Ant/Akbar Nugroho

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ida Budhiati menegaskan Undang-undang (UU) Pilkada membuat semua pihak bahagia, terutama calon yang diusung dan partai pengusungnya. Menurut Ida, ada tiga alasan mengapa konstruksi UU membuat bahagia penyelenggara dan peserta pilkada.

"Pertama, kebahagiaan bisa dilihat dari konstruksi UU yang persetujuan calon ditentukan DPP, tapi harus melalui mekanisme transparan, melibatkan pengurus cabang dan wilayah," kata Ida dalam diskusi Perspektif Indonesia 'Siap atau Tidak, Pilkada Tetap Serentak' di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (1/8/2015).

Kedua, Pilkada 2015 mengedepankan electoral justice yang tidak diterapkan pada pilkada sebelumnya. "Sekarang sudah pasti tidak ada keputusan pengadilan yang terbitnya belakangan," tambah Ida.

Ketiga, pembentuk UU menginginkan hasil pilkada merupakan sosok pemimpin kredibel dan berintegritas. Pasalnya, sejak menjadi calon, belanja mereka dibatasi. Kampanye pun sebagian biayanya ditanggung negara.

"Jangan ragu-ragu dalam pilkada tahun ini, ada tujuan yang baik. Yang kampanye bukan cuma calon, KPU juga," pungkasnya.


(TII)

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo
Jelang Napoli vs Shakhtar Donetsk

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo

12 hours Ago

Napoli dijadwalkan bentrok kontra Donetsk untuk memainkan matchday kelima Liga Champions 2017--…

BERITA LAINNYA
Video /