Saksi Kunci Kasus Dwelling Time Diperiksa Polisi

Wanda Indana    •    01 Agustus 2015 12:20 WIB
suap di kemendag
Saksi Kunci Kasus <i>Dwelling Time</i> Diperiksa Polisi
Direkrimsus Polda Metro Kombes Mujiyono dan Kabid Humas Polda Metro Kombes M Iqbal----MTVN/Lukman

Metrotvnews.com, Jakarta: Polda Metro Jaya hari ini memeriksa seorang saksi kunci kasus Dwellling Time (masa tenggat bongkar muat) Pelabuhan Tanjung Priok. Saksi tersebut berinisial L dan berasal dari kalangan swasta.

"Hari ini, kita periksa L saksi kunci kasus dwelling time, dia perempuan dari eksternal," ungkap Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kombes Pol M Iqbal dalam acara diskusi "Ngeri-Ngeri Sedap Dwelling Time" di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (31/7/2015).

Iqbal mengungkapkan, L diperiksa sedari pagi hingga sekarang. Kata dia, saksi L berkaitan dengan keempat tersangka yang sudah ditetapkan Polda Metro Jaya. "Yang jelas si L diduga kuat terkait kasus ini dan keempat tersangka yang sudah kita tetapkan," imbuhnya.

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya sudah menetapkan empat tersangka dalam dugaan suap izin dwelling time (waktu bongkar muat) di Kementerian Perdagangan. Salah satu tersangka bahkan dijerat dengan pasal-pasal tindak pidana pencucian uang.

Keempat tersangka adalah MU (tenaga honorer di Ditjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag), MK (orang yang diduga broker dan sebelumnya ditulis ME atan N) dan IM yang masih berada di luar negeri (Kasubdit Barang Modal Ditjen Perdagangan Luar Negeri), terakhir PP (Dirjen Perdagangan Luar Negeri nonaktif Kemendag).

Tersangka dijerat dengan Pasal 11, Pasal 12 huruf a, dan atau huruf b, dan Pasal 12B UU Nomor 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Kemudian dijerat dengan Pasal 3 dan Pasal 6 UU Nomor 15/2002 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) sebagaimana diubah dengan UU Nomor 25/2003 dan Pasal 3, 4, 5 UU nomor 8/2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan TPPU dan Pasal 5 ayat (2).


(TII)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

1 day Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /