Ketua INSA: Proses Perizinan Perlambat Dwelling Time

Wanda Indana    •    01 Agustus 2015 14:18 WIB
dwelling time
Ketua INSA: Proses Perizinan Perlambat <i>Dwelling Time</i>
Ketua Umum INSA Carmelita Hartoto (Kedua dari kiri)---MTVN/Wanda

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Umum Indonesian National Shipowner Association (INSA), Carmelita Hartoto, mengatakan dwelling time (masa tenggat bongkar muat) pelabuhan di Indonesia kalah bersaing dengan negara tetangga. Salah satu masalah utamanya ada di proses pre-clearence, satu dari tiga tahapan dwelling time, yang membuat Indonesia tidak bisa bersaing.

Dia menjelaskan, tahapan pre-clearence berkaitan dengan perizinan yang melibatkan banyak kementerian menjadi faktor utama penghambat dwelling time. Menurut dia, harus ada upaya pemotongan birokrasi perizinan supaya dwelling time dapat dipersingakat.

"Harusnya semua kementerian berkoordinasi duduk bersama untuk masalah perizinan. Intinya menjadi satu atau otoritas pelabuhan diperkuat dengan merumuskan permasalah yang ada di situ. Kalau semuanya merasa punya kekuatan, merasa berperan, susah. Siapa yang mengoordinasi?," ujar dia dalam acara diskusi "Ngeri-Ngeri Sedap Dwelling Time" di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (31/7/2015).

Dia meminta Presiden Joko Widodo menggunakan wewenangnya untuk mengatur dan menunjuk satu kementerian yang memiliki kuasa tunggal di pelabuhan. Dengan demikian, proses perizinan akan menjadi singkat.

"Pak Jokowi keluarkan saja Perpres atau Inpres untuk mengatur itu. Kalau perizinan di pusatkan satu kementerian kan lebih mudah. Dalam hal ini, yang ngurus pelabuhan kan harusnya Kemenhub. Harusnya yang menjalankan tol laut adalah pelayaran dan perhubungan," imbuhnya.

Pada kesempatan sama, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Pol M Iqbal ‎mengatakan ada 114 perizinan yang melibatkan 18 kementerian dalam proses pre-clearence.

"Pelabuhan kan salah satu entry point barang-barang masuk ke Indonesia, ‎seperti wajah negara kita, kalau seperti ini ya tentu tidak baik," kata Iqbal.


(TII)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

2 days Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /