Malaysia Airlines MH370

Puing Diduga Terkait MH370 Tiba di Prancis untuk Diverifikasi

Fajar Nugraha    •    01 Agustus 2015 14:51 WIB
malaysia airlines
Puing Diduga Terkait MH370 Tiba di Prancis untuk Diverifikasi
Bagian pesawat yang diduga berasal dari Malaysia Airlines MH370 (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Paris: Puing pesawat yang diduga berasal dari Malaysia Airlines MH370, tiba di Prancis. Puing itu akan diselidiki untuk mencari tahu asalnya.

Sebuah pesawat milik Air Prancis mendarat di Bandara Orly dekat Paris. Puing itu kemudian akan dikirim ke sebuah lokasi militer di dekat Kota Touluse.

Unit militer berupa laboratorium itu diketahui ahli dalam menganalisa puing pesawat. Mereka yang akan bertanggungjawab dalam menentukan asal muasal puing yang diduga sebagai bagian flaperon yang ditemukan di Pulau Reunion tersebut.

Para ahli berharap potongan sepanjang 2-2,5 meter itu bisa memberikan petunjuk baru mengenai nasib pesawat Malaysia Airlines MH370. Pesawat itu hilang tak berbekas sejak Maret 2014.

Menteri Transportasi Liow Tiong Lai mengatakan bahwa tim tambahan dari Malaysia akan berangkat ke Pulau Renuion, untuk mencari kemungkinan adanya puing lain. Sementara beberapa orang lainnya akan berangkat ke Prancis.

"Jika benar flaperon ini berasal dari MH370, berarti sesuai dengan pola arus yang terlihat di selatan Samudera Hindia. Tetapi kami tidak ingin berspekulasi. Kami akan menunggu verifikasi dari pihak Prancis," sebut Liow, seperti dikutip Reuters, Sabtu (1/8/2015).

Sebelumnya, Boeing akan mengirim tim teknis ke Prancis untuk mempelajari puing yang ditemukan di Pulau Reunion. Menurut pihak Boeing hal ini sesuai permintaan dari pihak penerbangan sipil yang menyelediki tragedi ini.

Raksa penerbangan Amerika Serikat (AS) itu bertekad untuk terus melanjutkan tidak hanya mencari pesawat tetapi juga mencari tahu apa penyebabnya. Namun Boeing tidak menyebutkan berapa banyak orang yang turut serta dalam tim tersebut.

Pengiriman tim ini dilakukan oleh Boeing setelah Deputi Menteri Transportasi Malaysia Abdul Aziz Kaprawi memastikan bahwa puing yang ditemukan di Pulau Reunion berasal dari Boeing 777. Menurutnya pihaknya makin dekat memecahkan misteri MH370.

Menurut Aziz, bagian nomor yang ditemukan di puing, dikonfirmasi berasal dari sebuah Boeing 777.


(FJR)

Hasil Lengkap Liga Champions Hari Ini
Liga Champions 2017--2018

Hasil Lengkap Liga Champions Hari Ini

22 minutes Ago

Pertandingan lanjutan penyisihan grup Liga Champions musim ini kembali digelar, Rabu 22 Novembe…

BERITA LAINNYA
Video /