Emil Akan Kumpulkan Ulama Bahas Fatwa MUI Soal BPJS Kesehatan

Roni Kurniawan    •    01 Agustus 2015 16:19 WIB
bpjs kesehatan
Emil Akan Kumpulkan Ulama Bahas Fatwa MUI Soal BPJS Kesehatan
Foto: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil/Ant_Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Bandung: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengaku masih mempelajari fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait BPJS Kesehatan. Emil berencana mengumpulkan sejumlah ulama di Kota Bandung untuk membahas fatwa MUI terkait BPJS Kesehatan.

"Jadi saya pelajari dengan para ulama yang dimaksud dengan fatwa itu seperti apa dan juga nanti akan dipersiapkan. Mudah-mudahan minggu depan untuk bertemu para ulama," kata Ridwan Kamil di Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (1/8/2015).

Secara pribadi, Emil pun enggan berkomentar banyak mengenai fatwa MUI itu. Menurutnya fatwa itu tidak hanya menyangkut persoalan kesehatan melainkan masuk ke ranah agama.

"Sedang saya pelajari. Jadi saya belum ada statement dulu karena saya takut salah," ujar Emil.

Meski demikian, Emil mengaku akan membahas hal ini secepatnya. Ia berjanji akan segera memberikan tanggapan terkait fatwa ini selaku Pemkot Bandung.

"Nanti saya kabarkan ke wartawan," imbuh dia.

MUI melalui ijtima ulama ke5 Komisi Fatwa MUI se-Indonesia di Cikura, Tegal, Jawa Tengah, pada 7-10 Juni, mengeluarkan fatwa bahwa praktik BPJS kesehatan tidak mencerminkan konsep ideal jaminan sosial dalam Islam. Terlebih jika dilihat dari hubungan hukum atau akad para pihak.

MUI mengatakan, merujuk fatwa Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) dan beberapa literatur, BPJS kesehatan dinilai jauh dari konsep jaminan sosial dalam Islam, dilihat dari perspektif ekonomi Islam dan fiqh muamalah.


(TTD)

Jamu Roma di Stadion Pembawa Sial, Atletico Berharap Keberuntungan
Jelang Atletico Madrid vs AS Roma

Jamu Roma di Stadion Pembawa Sial, Atletico Berharap Keberuntungan

35 minutes Ago

Atletico Madrid wajib memenangi laga lanjutan Liga Champions matchday kelima atas AS Roma di St…

BERITA LAINNYA
Video /