Pabrik Amonia Garibaldi Thohir Senilai USD830 Juta Diresmikan

Annisa ayu artanti    •    03 Agustus 2015 08:08 WIB
surya esa perkasa
Pabrik Amonia Garibaldi Thohir Senilai USD830 Juta Diresmikan
Presiden Jokowi meresmikan pabrik amonia senilai USD830 juta. FOTO: MI/Ramdani

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ground breaking pembangunan pabrik amonia PT Paca Amara Utama senilai USD830 juta.

Proyek pabrik amonia PT Panca Amara Utama (PAU) di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah merupakan inisiatif pengusaha domestik memimpin pengembangan salah satu proyek industri terbesar di Indonesia selama dekade terakhir. PAU merupakan anak usaha dari PT Surya Esa Perkasa Tbk, pengolah LPG pertama yang mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia.

Presiden Direktur PAU Garibaldi Thohir menjelaskan ground breaking Pabrik Amonia yang dilakukan oleh Presiden RI menjadi bukti bahwa kehadiran pabrik ini memiliki peran penting dalam mendorong tumbuh dan berkembangnya industri manufaktur nasional.

"Kegiatan ground breaking hari ini berjalan lancar. Semoga pembangunan pabrik amonia ini akan selesai tepat waktu dan dapat memberikan kontribusi positif bagi perekonomian Indonesia, khususnya di wilayah Sulawesi dan Indonesia bagian timur," jelas Garibaldi dalam siaran persnya, di Jakarta, Senin (3/8/2015).

Garibaldi menjelaskan, pabrik yang dibangun PAU ini akan memproduksi amonia, senyawa kimia yang digunakan dalam pembuatan pupuk, bahan peledak, asam dan produk petrokimia lainnya. Pabrik ini memiliki kapasitas produksi amonia sebesar 700 ribu ton per tahun. Pasokan gas bumi berasal dari blok Senoro - Toili sebesar 55 juta kaki kubik per hari (MMSCFD).

"Produksi amonia dari pabrik di Kabupaten Banggai ini merupakan inisiatif lokal dan dikerjakan oleh kontraktor nasional. Proyek ini akan menjadi hasil karya dan kerja keras putra putri Indonesia dengan mengoptimalkan sumber daya alam nasional," tambah Garibaldi.

Selain melakukan ground breaking pabrik amonia milik PAU, Presiden Jokowi juga meresmikan megaproyek Pertamina terintegrasi di antaranya Central Processing Plant JOB Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi, pengapalan perdana kargo PT Donggi-Senoro LNG, dan pengoperasian lapangan gas GG Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java.
(AHL)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /