Tips & Trik

6 Alasan untuk Segera Menghentikan Kecanduan Smartphone

Ellavie Ichlasa Amalia    •    03 Agustus 2015 16:43 WIB
tips & trik
6 Alasan untuk Segera Menghentikan Kecanduan Smartphone
Menggunakan smartphone terus menerus memiliki dampak buruk. (Huffington Post)

Metrotvnews.com: Tak bisa dimungkiri, teknologi memang dapat membuat hidup banyak orang menjadi lebih mudah. Meskipun begitu, jika Anda terlalu menggantungkan diri kepada teknologi, seperti ponsel atau media sosial, maka akan ada dampak buruk pada diri Anda. Inilah 6 efek negatif yang dapat ditimbulkan jika Anda terlalu banyak menghabiskan waktu di depan smartphone Anda.

1. Membuat Anda merasa gelisah
Media sosial memang dapat membantu Anda berkomunikasi dengan teman dan keluarga yang jauh dari Anda. Meskipun begitu, menggunakan media sosial terlalu sering akan membuat Anda merasa gelisah, atau bahkan rendah diri. Yang lebih buruk lagi, menggunakan media sosial terlalu sering dapat mempersulit Anda untuk move on dari mantan Anda, terutama jika Anda adalah tipe orang yang masih suka mampir ke halaman profile mantan. Sebuah studi yang dilakukan Brusel University di UK menemukan bahwa orang-orang yang tetap berhubungan dengan mantan mereka melalui media sosial akan lebih sulit untuk move on.

2. Membuat Anda kesulitan untuk bersosialisasi di dunia nyata
Berdasarkan survei online yang diadakan Badoo, hampir 40 persen warga Amerika lebih sering melakukan sosialisasi secara online daripada secara offline. Meskipun internet memang memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan kerabat yang berada jauh dari kita, tetapi sekarang ini, kebanyakan orang lebih memilih untuk berkomunikasi melalui media sosial daripada bertemu secara langsung.

Selain itu, banyak orang berpikir mereka dapat bekerja sambil ngobrol di media sosial. Tetapi faktanya, orang-orang yang berpikir mereka dapat melakukan multitasking dengan baik sebenarnya kurang bisa fokus pada banyak hal sekaligus jika dibandingkan dengan orang-orang yang terbiasa tak melakukan banyak hal dalam satu waktu.

Sesekali, cobalah untuk mengatakan apa yang ada di pikiran Anda secara langsung kepada teman atau keluarga Anda. Temui mereka, tatap mata mereka saat berbicara. Cobalah untuk tidak menggantungkan diri pada media sosial.

3. Membuat Anda kelebihan berat badan, terutama remaja
Scientific American melakukan studi yang membuktikan bahwa menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar akan membuat berat badan Anda bertambah. Mengapa? Karena kebanyakan orang lebih suka untuk mengetik di hadapan komputer daripada melakukan kegiatan fisik. Selain itu, menghadapi layar komputer terus menerus, tanpa Anda sadari, akan membuat Anda untuk ingin makan.

Cobalah untuk berhenti bermain komputer untuk sejenak. Pergilah keluar rumah dan lakukan kegiatan fisik.

4. Mengacaukan waktu tidur Anda
Menggunakan ponsel atau komputer sebelum tidur dapat mengganggu tidur Anda. Penggunaan komputer di malam hari secara rutin sering dikaitkan dengan masalah tidur dan juga gejala stres dan depresi. Selain itu, sebuah studi menunjukkan bahwa blue light yang diproduksi tablet akan menurunkan hormon tidur, melatonin, jika dilihat selama 2 jam.

5. Membuat Anda menjadi tidak peka
Dalam sebuah studi mengenai penggunaan ponsel, para peneliti dari University of Maryland menemukan bahwa orang-orang yang lebih sering menggunakan ponsel mereka cenderung lebih enggan untuk melakukan kegiatan pro sosial, seperti membantu orang lain atau melakukan kegiatan sukarelawan. Seperti yang disebutkan TIME,

"Setelah menggunakan ponsel, para responden terlihat lebih sering menolak untuk ikut serta dalam kegiatan sukarelawan."

6. Mengurangi produktivitas
Riset menujukkan bahwa berhenti memeriksa email yang berhubungan dengan pekerjaan pada akhir minggu akan membuat Anda pulih dari rasa lelah dan jenuh dengan lebih baik. Dalam sebuah survei yang melibatkan 229 pekerja, para peneliti menemukan bahwa menghabiskan akhir minggu yang tenang merupakan kunci untuk mengurangi stres yang ditimbulkan oleh pekerjaan.

Akhir minggu yang tenang juga akan dapat menghilangkan lelah, rasa takut karena adanya masalah di kantor dan meningkatkan rasa tenang para pekerja. Selain itu, beristirahat total pada akhir minggu akan membuat Anda produktif dalam jangka panjang. (Huffington Post)


(ABE)

Antonio Conte Balas Sindiran Keras Mourinho
Liga Champions 2017 -- 2018

Antonio Conte Balas Sindiran Keras Mourinho

8 hours Ago

Conte merasa Mourinho masih sering memperhatikan apa yang terjadi di Chelsea. Untuk itu, ia mem…

BERITA LAINNYA
Video /