Presiden Minta Eksportir Buka Pasar Baru

Antara    •    03 Agustus 2015 12:59 WIB
ekspor
Presiden Minta Eksportir Buka Pasar Baru
Presiden Joko Widodo (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Makassar: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada para pengusaha eksportir untuk membuka pasar baru dan memanfaatkan pelemahan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD). Hal ini menjadi penting untuk meningkatkan kinerja ekspor.

"Biasanya kita hanya melihat pasar-pasar tradisional, seperti Amerika, Eropa, Tiongkok, Jepang, Korea. Padahal banyak negara-negara lain yang pasarnya bisa dimasuki," kata Presiden, saat berpidato dalam pencanangan Gerakan Peningkatan Ekspor Tiga Kali Lipat, di Terminal Peti Kemas Makassar PT Pelindo IV, Makassar, Senin (3/8/2015).

Presiden mengungkapkan beberapa negara di Amerika Latin, Afrika, Timur Tengah dan negara-negara lainnya memberikan peluang komoditas dan produk dari Indonesia. "Minggu depan mulai dikirim utusan-utusan dagang ke negara yang sebelumnya tidak pernah kita lihat sama sekali," ujarnya.

Presiden juga merasa bangga dengan peningkatan produksi dan ekspor Sulawesi Selatan yang gencar ditingkatkan di saat perekonomian dunia melemah. "Saya menjadi sangat optimistis sekali (dengan perekonomian) bahwa yang namanya pelemahan rupiah oleh dolar AS ada yang manfaatkan dan mendapatkan keuntungan," ucapnya.

Presiden menegaskan bahwa posisi rupiah di angka Rp13.400-Rp13.500 per USD justru sangat bagus untuk ekspor, namun karena ekonomi Indonesia tertumpu pada sektor konsumsi sehingga bermasalah. "Oleh sebab itu, saya sampaikan berkali-kali ingin membalikkan, dari tumpuan konsumsi domestik kepada bidang-bidang yang produkstif," pungkas Presiden.



(ABD)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

16 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /