Penyalahguna KJP Terancam Dipenjara

Wanda Indana    •    03 Agustus 2015 13:28 WIB
kjp
Penyalahguna KJP Terancam Dipenjara
Sejumlah warga antre untuk mencairkan dana Kartu Jakarta Pintar (KJP) di kantor Cabang Bank DKI Otista, Jakarta. (Foto:MI/Angga)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memperketat dan melacak pemilik Kartu Jakarta Pintar (KJP) yang menyalahgunakan dana bantuan pendidikan. Pelaku yang terbukti menyalahgunakan KJP akan dikenakan sanksi pidana.
 
Gubernur DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama mengatakan, pihaknya akan menelusuri pemilik KJP melalui rekening Bank DKI. Ia akan mempolisikan warga yang terbukti menggunakan dana bantuan pendidikan untuk keperluan lain.
 
“Kami beri kemudahan malah disalahgunakan, ini keterlaluan. Saya minta hari ini langsung lapor polisi, berikan sanksi kepada pelaku yang menggunakan KJP untuk keperluan lain di luar pendidikan," tegas Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (3/8/2015).
 
Menurut Ahok, ada dua kemungkinan yang menyebabkan dana KJP disalahgunakan. Pertama, KJP dijual kepada broker atau ada orang tua yang bermain. Jika diketahui ada broker yang bermain, Ahok tak segan-segan untuk mempidanakannya.
 
"Kenapa saya minta ATM Bank DKI sebagai kartu pengenal? Agar bisa kita gugat ke penjara. Karena memakai ATM milik orang itu kejahatan perbankan," ujarnya.
 
Ahok meminta Bank DKI melacak pengguna KJP yang tidak sesuai. Selanjutnya data tersebut akan ditelusuri oleh Dinas Pendidikan. Bagi penerima KJP yang terbukti menjual KJP kepada broker maka akan langsung dicabut.
 
"Saya minta Bank DKI gugat ke Polda Metro Jaya. Saya mau orang-orang ini dilacak. Mereka ini tidak pernah berpikir ada sistem yang mengatur. Sistem terbaik di negeri ini adalah sistem perbankan," katanya.
 
Data Bank DKI memperlihatkan jumlah transaksi dan nilai rupiah menggunakan KJP di beberapa toko yang tidak menjual keperluan pendidikan, seperti karaoke, toko emas, restoran, SPBU, dan toko elektronik. Nilai yang digunakan mencapai Rp700 ribu.


(FZN)

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco
Bursa Transfer Pemain

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco

4 hours Ago

Manchester United tampaknya mulai menyerah mengejar winger Inter Milan Ivan Perisic. Teranyar, …

BERITA LAINNYA
Video /