Dua Kapal Vietnam Ditangkap di Kepulauan Natuna

Hendri Kremer    •    03 Agustus 2015 14:41 WIB
illegal fishing
Dua Kapal Vietnam Ditangkap di Kepulauan Natuna
Foto: Ilustrasi kapal/Antara_Kornelis Kaha

Metrotvnews.com, Natuna: Dua kapal ikan asal Vietnam ditangkap kapal perang Republik Indonesia (KRI) di perairan Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. Komandan KRI Sutedi Senoputra (378), Letkol Laut (P) Hendra Astawan mengatakan penangkapan dilakukan usai mendapat dua kontak mencurigakan dalam operasi keamanan laut di Laut Natuna.

"Mengetahui kedua kontak tersebut, dengan cepat KRI Sutedi Senoputra (378) melaksanakan pendekatan untuk mengetahui lebih jelas kedua kontak tersebut jenis kapal apa," kata Letkol Laut (P) Hendra Astawan di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Senin (3/8/2015).

Menurut dia, setelah mengetahui bentuk kapal secara visual, kedua kapal tersebut tak dapat kabur karena tengah menangkap ikan dengan menggunakan jaring. Terlebih kapal ikan asing itu kalah cepat dengan KRI Sutedi Senoputra (378).

Dengan cepat, kapal pengawal laut tersebut mengejar di lokasi yang merupakan wilayah perairan Indonesia, tepatnya di laut Natuna, setelah diketahui dan meminta kapal berhenti, petugas KRI Sutedi Senoputra 378 memeriksa dan menggeledah kedua kapal ikan Vietnam itu.

Dari pemeriksaan awal diketahui, untuk mengelabui petugas, kedua kapal itu diberi nama dan bendera Indonesia. Adapun kapal yang ditangkap adalah KM Sinar Petromax 471 dengan nakhoda bernama Nguyen Van Tien dengan enam orang anak buah kapal (ABK). Kesemuanya berkewarganegaraan Vietnam.

Kemudian KM Sinar Petromax 474 dengan nahkoda bernama Nguyen Van Phuong dan 14 ABK. Semuanya juga warga negara Vietnam.

Pada kedua kapal itu ditemukan hasil tangkapan berupa ikan hingga ratusan ton. KM Sinar Petromax 471 diketahui telah mengeruk 250 ton ikan campuran, sementara KM Petromax 474 sampai 400 ton. Kedua kapal ikan tersebut diketahui tanpa dilengkapi dokumen SIUP dan SIPI.

"Dari hasil penyelidikan kapal tersebut, saya langsung melaksanakan koordinasi dengan Komando atas dalam hal ini Guskamla Koarmabar," ujarnya.

Guna proses penyidikan lebih lanjut kedua kapal tersebut digiring ke Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Ranai.

Sebelumnya, direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), Kementrian Kelautan dan Perikanan, menangkap empat kapal ikan asal Vietnam di perairan Natuna, pada pertengahan Juli lalu.


(TTD)

Bos Napoli Lebih Khawatir dengan Inter Milan
Jelang Manchester City vs Napoli

Bos Napoli Lebih Khawatir dengan Inter Milan

12 minutes Ago

Bukan untuk meremehkan atau menomorduakan laga kontra City. De Laurentiis menyadari kalau kedua…

BERITA LAINNYA
Video /