Jadwal Diubah, Pengacara dan Keluarga Gagal Temui OC Kaligis

Achmad Zulfikar Fazli    •    03 Agustus 2015 18:38 WIB
oc kaligis tersangka
Jadwal Diubah, Pengacara dan Keluarga Gagal Temui OC Kaligis
OC Kaligis ditahan KPK (Foto: Antara/Vitalis Yogi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kuasa Hukum Otto Cornelis (OC) Kaligis kesal KPK mengubah prosedur jenguk terhadap kliennya tanpa konfirmasi. Akibatnya, kuasa hukum dan keluarga gagal menemui Kaligis yang sedang mendekam di Rumah Tahanan Guntur, Jakarta Selatan.
 
Kuasa Hukum Kaligis, Alamsyah Hanafiah, mempersoalkan prosedur menjenguk yang diubah sepihak oleh KPK. Perubahan ini, menyebabkan beberapa kerabat Kaligis tidak dapat menjenguk di Rutan Guntur.
 
"Persoalannya kenapa hari ini peraturan diubah, kemarin itu lawyer yang sudah terdaftar kan bisa. Tapi jam kerja hari ini diubah. Lawyer mau ketemu harus buat permohonan tertulis dan sampaikan pada penyidik," kata Alamsyah di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (3/8/2015).
 
Ia tidak mengetahui pasti alasan perubahan prosedur penjengukan kliennya. Namun ia menegaskan, perubahan itu merupakan perintah penyidik KPK. Ia menduga perubahan dilatarbelakangi insiden adu mulut yang terjadi antara kuas hukum Kaligis dan penyidik KPK di Rutan Guntur, Jumat 31 Juli lalu. "Bagian piket tidak menjelaskan (alasan perubahan prosedur jenguk). Itu perintah penyidik," ujarnya.
 
Ia meyayangkan perubahan prosedur yang mendadak ini. Pasalnya, perubahan itu membuat anak Kaligis tidak bisa menjenguk ayahnya di Rutan Guntur. "Tadi ada anaknya dari Manado, tapi enggak bisa (jenguk). Saya sebagai penasehat hukum harus bikin surat permohonan dulu sebelum besuk. Jadi, tiap besuk harus bikin surat permohonan," keluh dia.


(FZN)


Video /