Yang Dikatakan Golongan Darah tentang Diri Anda

   •    03 Agustus 2015 18:53 WIB
kesehatan
Yang Dikatakan Golongan Darah tentang Diri Anda
Orang bergolongan darah O lebih rentan terhadap stres (Foto:Getty Images)

Metrotvnews.com, Jakarta: Golongan darah yang Anda miliki ternyata memengaruhi kehidupan, terutama dalam hal kesehatan.

Banyak studi dan penelitian yang membuktikan hal ini dan ternyata memang benar adanya. Berikut alasan yang mengakibatkan golongan darah memengaruhi kehidupan Anda.

1. Daya pikat Anda untuk nyamuk
Orang yang memiliki golongan darah O menurut studi dari Jepang Institut Pest Control Technologi lebih mungkin menarik spesies tertentu, seperti nyamuk dibandingkan orang dengan golongan darah lainnya. Ini alasan mengapa golongan darah O lebih sering digigit nyamuk.
 
Bergolongan darah O tidak selalu buruk. Penyakit mematikan malaria yang ditularkan oleh nyamuk Anopheles tidak bisa menyerang orang dengan golongan darah O. Hal ini dikarenakan protein malaria yang mematikan tidak bisa menempel pada sel darah O.

2. Bakteri di usus
Beberapa tahun yang lalu, para peneliti Eropa menemukan spesies bakteri di usus cenderung memecah menjadi tiga kategori berbeda. Saat itu, para peneliti berhipotesis (tapi tidak membuktikan) bahwa ini mungkin karena golongan darah seseorang. Sejak itu, tim yang terpisah dari Finlandia menemukan korelasi antara golongan darah dan strain tertentu dari bakteri usus.

Ini sangat bagus, sebab dokter bisa memprediksi bakteri apa yang menghuni usus Anda berdasarkan golong darah. Sehingga ahli medis lebih mudah dalam merekomendasikan pengobatan. Meskipun akurat, para peneliti mengatakan, penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

3. Risiko minum alkohol
Beberapa studi menemukan bahwa golongan darah A lemah terhadap alkohol. Bahkan, banyak penelitian yang mengaitkan komponen darah tertentu disebut sebagai antigen untuk penyakit. Studi ini menunjukkan antigen tipe A (golongan darah A) dapat mengubah reaksi sistem kekebalan tubuh Anda untuk alkohol dengan cara memengaruhi keracunan jika Anda mengonsumsinya. Ini alasannya mengapa banyak golongan darah A tidak bisa minum alkohol.

4. Risiko saat Anda stres
Sebuah studi dari US Department of Veterans Affairs menunjukkan bahwa kadar kortisol golongan darah O tetap tinggi dan lebih lama daripada jenis darah lainnya saat sedang stres. Padahal, apabila kadar kortisol tinggi, akan menyebabkan Anda selalu stres dan sulit meredakannya.

Seperti diketahui, stres memiliki dampak terhadap penuaan dan menyebabkan Anda makan berlebihan, sehingga memicu obesitas. Makanya, penting untuk Anda terutama yang bergolongan darah O supaya tidak mudah stres.

5. Anda orang yang obsesif
Menurut sebuah studi dalam jurnal Neuropsychobiology, orang yang memiliki golongan darah A mungkin lebih cenderung memiliki gangguan dan perilaku obsesif-kompulsif. Sementara itu, penelitian lanjutan gagal dalam menemukan perilaku obsesif ini dengan jenis darah tertentu. Tetapi, malah menemukan bahwa orang dengan golongan darah A berhubungan dengan ketekunan, yang artinya Anda adalah orang yang rajin, tekun, stabil, meskipun sedang frustasi dan kelelahan. (Sumarni/Prevention)


(ROS)


Lawan Uji Coba Timnas U-22 Tidak Harus Klub Besar
Persiapan Piala AFF U-22

Lawan Uji Coba Timnas U-22 Tidak Harus Klub Besar

6 hours Ago

Indra Sjafri membantah bahwa Timnas U-22 akan beruji coba melawan Persija Jakarta dan Persebaya…

BERITA LAINNYA
Video /