Soal Perppu Pilkada, KPU: Jika Diperlukan Segera Terbitkan

Arga sumantri    •    03 Agustus 2015 19:15 WIB
pilkada serentak
Soal Perppu Pilkada, KPU: Jika Diperlukan Segera Terbitkan
Arief Budiman. Foto: Yudhi Mahatma/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Pendaftaran peserta Pilkada serentak resmi ditutup pukul 16.00 WIB tadi. Hasil rekapitulasi sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga pukul 17.00 WIB tadi, menyebutkan lima daerah yang dipastikan tidak bisa ikut Pilkada serentak tahun ini.

"Pukul 16.00 WIB kan resmi ditutup pendaftaran. Tapi, ini data sampai pukul 17.00, ada lima daerah yang harus ikut Pilkada berikutnya," kata Komisioner KPU, Arief Budiman di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Senin (3/8/2015).

Arief pun menanggapi wacana penerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) yang bakal memuat aturan calon tunggal di daerah. Jika diperlukan, KPU mendesak agar Perppu tersebut segera diterbitkan. Hal itu agar bisa langsung disesuaikan dengan penyelenggaraan pilkada yang tahapannya masih berlangsung.  

"KPU tidak dalam posisi mendorong atau tidak mendorong Perppu itu. KPU ingin menyampaikan jika perlu (Perppu) maka harus segera diterbitkan, kalau memang Pilkada serentak ingin 2015. Karena KPU sekarang sudah kehilangan enam hari karena sosialisasi dan tambahan jangka waktu pendaftaran ini," ungkap Arief.

Daerah-daerah yang pilkadanya ditunda adalah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat; Kota Timor Tengah Utara Nusa Tenggara Timur; Kabupaten Blitar, Jawa Timur; Kota Tasikmalaya, Jawa Barat dan Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Sementara enam daerah yang sebelumnya disebut hanya diikuti satu pasangan, kini ada pasangan lain yang mendaftar. Sehingga pilkada di daerah-daerah itu lolos dari penundaan. 

Daerah-daerah tersebut adalah Kabupaten Asahan, Sumatera Utara; Kabupaten Arfak, Papua Barat; Kabupaten Serang, Banten; Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah; Kabupaten Minahasa Selatan Sulawesi Utara dan Kota Surabaya, Jawa Timur. 

Begitupun Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, yang sebelumnya tak ada calon yang mendaftar, di penambahan waktu pendaftaran, sudah dua pasangan yang memastikan ikut berkompetisi di pilkada.


(KRI)


Lawan Uji Coba Timnas U-22 Tidak Harus Klub Besar
Persiapan Piala AFF U-22

Lawan Uji Coba Timnas U-22 Tidak Harus Klub Besar

6 hours Ago

Indra Sjafri membantah bahwa Timnas U-22 akan beruji coba melawan Persija Jakarta dan Persebaya…

BERITA LAINNYA
Video /