Bank Dunia Dukung Konsensus Pembangunan Berkelanjutan PBB

Antara    •    04 Agustus 2015 13:22 WIB
bank dunia
Bank Dunia Dukung Konsensus Pembangunan Berkelanjutan PBB
Bank Dunia -- FOTO: Cairo Post

Metrotvnews.com, Jakarta: World Bank atau Bank Dunia menyambut baik dan mendukung konsensus negara-negara anggota PBB terkait Sasaran Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang bertujuan mengakhiri kemiskinan, mempromosikan kemakmuran, dan melindungi kondisi lingkungan hidup di dunia.

"Saya memberikan selamat kepada negara anggota dan PBB terhadap konsensus menakjubkan ini," kata Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (4/8/2015).

SDGs merupakan kelanjutan dari Sasaran Pembangunan Milenium (MDGs). SDGs akan diadopsi di New York, September 2015. Sasaran tersebut dinilai sebagai hal yang mewakili kesempatan bersejarah untuk meletakkan arah baru bagi pengembangan global untuk jangka waktu 15 tahun mendatang.

"SDGs berfokus pada masyarakat, planet, kesejahteraan, perdamaian, dan kemitraan yang menyediakan jalan pembangunan komprehensif dan kokoh untuk diikuti dunia selama 15 tahun berikut," kata Jim Yong Kim.

Dokumen yang dihasilkan yang bertajuk "Transforming Our World: The 2030 Agenda for Sustainable Development (Mengubah Dunia Kita: Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan)" merupakan pencapaian penting yang terbangun dari kesuksesan MDGs yang juga dinilai berandil penting dalam mengurangi separuh tingkat kemiskinan ekstem global antara 1990 hingga 2010. 

"Konsensus merupakan langkah besar ke depan, tetapi kerja nyata terbentang di depan," ucap Jim Yong Kim, seraya menegaskan bahwa pihaknya ingin bekerja sama dengan berbagai pihak, seperti pemerintah, lembaga internasional, dan sektor swasta untuk mencapainya.



(ABD)


Video /