Manfaat Meletakkan Tanaman di Ruang Kantor

   •    04 Agustus 2015 16:15 WIB
keluarga
Manfaat Meletakkan Tanaman di Ruang Kantor
Meletakkan tanaman di dalam ruangan akan memberi efek baik bagi kesehatan (Foto:Officearc)

Metrotvnews.com, Jakarta: Apakah Anda sering mengalami stres dan produktivitas kerja menurun? Jika ya, cobalah meletakkan tanaman hidup di dalam ruang kerja.

Sebab, tanaman memiliki efek terhadap kesehatan. Selain menenangkan, tanaman hijau juga membuat Anda lebih kreatif.

Ketahui manfaat lain dari meletakkan tanaman hijau di dalam ruang kerja, berikut ini.

1. Menurunkan stres
Tempat kerja dapat menjadi tempat yang sangat menegangkan, yang acap kali membuat Anda lebih mudah terserang stres. Memiliki setidaknya satu tanaman di meja Anda dapat membantu mengatasi stres dan membuat Anda lebih rileks. Karena seperti dijelaskan, tanaman bisa mengurangi tingkat stres.

2. Produktivitas lebih tinggi
Beberapa penelitian telah menemukan bahwa selain menurunkan stres, tanaman juga mampu meningkatkan produktivitas. Keduanya memiliki keterkaitan satu sama lain. Karena saat stres, otak Anda tidak dapat bekerja dengan Apabila Anda rileks, produktivitas otak akan bekerja lebih baik lagi.

3. Kualitas udara lebih baik
Ruang kantor tertutup memiliki ventilasi yang sangat minim sehingga menjadi lahan yang subur bagi para kuman berkembang biak. Tanaman mampu bekerja seperti halnya sistem filtrasi, menyerap agen berbahaya dan memurnikan udara di ruangan Anda.

4. Kondisi kerja lebih nyaman
Mungkin ruangan Anda sudah dilengkapi pendingin ruangan. Namun, Anda perlu tahu, tanaman melaksanakan proses yang dikenal sebagai transpirasi, yaitu mendinginkan udara dan melepaskan kelembaban ke atmosfer, sehingga membuat tempat kerja jauh lebih nyaman.

5. Kulit Sehat
Duduk di kantor dengan udara dari pendingin ruangan sepanjang hari dapat menyebabkan kulit kering. Tanaman memancarkan kelembaban yang dapat membantu meningkatkan kelembaban pada kulit sehingga membuat kulit tetap normal dan tetap terlindungi. Kulit kering akibat paparan pendingin ruangan lebih rentan terhadap keriput karena mudah menegang dan retak.

6. Lebih kreatif
Penelitian telah menemukan bahwa memperkenalkan tanaman ke dalam lingkungan kantor dapat meningkatkan kreativitas para karyawan.

7. Terhindar dari kebisingan
Dengan satu tanaman mungkin tidak bisa mengatasi ini, namun memiliki sekelompok tumbuhan di ruangan kerja membuat Anda terhindar dari kebisingan. Tanaman memiliki kemampuan menyerap suara dan membantu menurunkan tingkat kebisingan secara keseluruhan. Ini juga menjadi alasan, mengapa banyak tanaman di tepi di jalan raya.

8. Anda akan lebih bahagia
Penelitian menunjukkan bahwa berinteraksi dengan alam dengan cara apapun memiliki efek mendalam terhadap jiwa, meningkatkan pengertian tentang kesejahteraan, dan membuat seseorang lebih bahagia pada tingkat alam bawah sadarnya. (Sumarni/India Times)


(ROS)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

1 day Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /