Pilkada Sigi

Calon Petahana di Sulawesi Tengah Tak Lolos Tes Kesehatan

subandi    •    04 Agustus 2015 23:09 WIB
pilkada serentak
Calon Petahana di Sulawesi Tengah Tak Lolos Tes Kesehatan
Bupati Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Aswadin Randa Lembah (kiri). Foto: Antara/Zainuddin

Metrotvnews.com, Sigi: Bakal calon Bupati Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, yang merupakan petahana, Aswadin Randa Lembah, gagal mengikuti pemilihan bupati dan wakil bupati Sigi, 9 Desember nanti.

KPU Kabupaten Sigi menyatakan hal itu setelah melihat hasil pemeriksaan kesehatan yang diberikan tim dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Menurut Anggota KPUD Sigi Divisi Teknis, Syarif Latadano, hasil tes menyimpulkan Aswadin tak mampu menjalankan tugas sebagai bupati dari 11 item yang diperiksa. Diketahui, dari 11 item yang diperiksa, menurut tim medis, pada pemeriksaan syaraf, Aswadin tak lolos.

"Dalam bahasa medis dinilai tidak mampu menjalankan tugas-tugas sebagai bupati," kata Syarif, Selasa (4/8/2015).

Menurutnya, keputusan IDI final. Pengusung Aswadin diminta untuk mencari bakal calon lain. KPU akan menunggu hingga 7 Agustus mendatang. "Karena kesehatan tidak bisa diperbaiki," kata Syarif.

KPU siap apabila Aswadin menempuh langkah hukum melalui partai pengusungnya. "KPU selalu siap dalam melayani hak politik masyarakat," kata Syarif.

Pasangan petahana Aswadin-Agus Lamakarate maju dalam pilkada Sigi. Mereka diusung PDI-P dan PBB.

Pada 2014, Bupati Sigi Aswadin Randa Lemba sempat penjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Jakarta. Dia divonis menderita stroke. Selama satu tahun perawatan, pemerintahannya dikendalikan Wakil Bupati Living Stone.


(UWA)

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions
Liga Champions 2017--2018

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions

1 day Ago

Bek Barcelona Gerard Pique berharap timnya bisa bertemu Manchester City di Liga Champions musim…

BERITA LAINNYA
Video /