Pemakai Narkoba di Jawa Barat 850 Ribu Jiwa

Jaenal Mutakin    •    05 Agustus 2015 12:13 WIB
narkoba
Pemakai Narkoba di Jawa Barat 850 Ribu Jiwa
Foto: Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan/MTVN_Jaenal Mutakin

Metrotvnews.com, Bandung: Pemakai narkotika di Jawa Barat meningkat hingga 850 ribu jiwa. Sebagian besar pemakai narkotika itu anak-anak dan remaja.

Data dari Badan Narkotika Nasional menyebutkan pemakai narkotika di Indonesia hingga akhir 2014 mencapai 4,2 juta jiwa. Pemakai narkotika itu tidak hanya berpendidikan rendah melainkan juga berpendidikan tinggi.

"Jumlah penyalahguna narkotika di Indonesia mencapai kurang lebih 4 juta jiwa. Tidak hanya berusia dewasa tetapi juga remaja dan bahkan anak anak sudah banyak yang menggunakan narkoba. Di Jawa Barat jumlah penyalahguna narkotika sampai 2014 diperkirakan mencapai 850.000 orang," kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan usai menghadiri pelantikan Kepala BNN Jawa Barat Brigjen Pol Iskandar Ibrahim di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (5/8/2015).

Aher mengaku tantangan mengantisipasi penyalahgunaan narkotika semakin berat. Butuh kerja keras dan fokus memberantas narkoba.

"Produksi narkoba di tingkat global terus meningkat dengan munculnya zat psitropika baru yang jumlahnya kurang lebih 354 jenis dan seluruhnya belum terjangkau oleh aturan di setiap negara," pungkasnya.


(TTD)


Video /