Tekanan Harga Diperkirakan Melambat di Oktober 2015

Angga Bratadharma    •    05 Agustus 2015 13:31 WIB
bank indonesia
Tekanan Harga Diperkirakan Melambat di Oktober 2015
BI (MI/USMAN ISKANDAR)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) menyatakan tekanan kenaikan harga diperkirakan semakin melambat pada Oktober 2015. Hal ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) tiga bulan mendatang yang turun 17,6 poin menjadi 144,4.

Berdasarkan laman BI, Rabu (5/8/2015), penurunan tersebut lebih besar dari penurunan indeks pada bulan sebelumnya (-11,9 poin). Penurunan tekanan kenaikan harga diperkirakan terjadi pada semua kelompok komoditas dengan penurunan indeks terbesar terjadi pada kelompok bahan makanan dan kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau.

Secara regional, pelemahan IEH tiga bulan mendatang terjadi di 15 kota yang disurvei, dengan penurunan indeks terbesar terjadi di Kota Mataram (-41 poin) dan Bandarlampung (-31 poin). Tekanan kenaikan harga pada enam bulan mendatang (Januari 2016) juga diperkirakan melambat.

IEH enam bulan mendatang tercatat sebesar 162,1 atau turun 10,8 poin dari bulan sebelumnya. Masih adanya kekhwatiran responden terhadap penurunan subsidi pemerintah terhadap harga energi (tenaga listrik, LPG, dan BBM) dan pelemahan nilai tukar rupiah menjadi faktor pendorong meningkatnya tekanan kenaikan harga pada enam bulan mendatang.

Secara regional, pelemahan IEH enam bulan mendatang terjadi di 14 kota yang disurvei, dengan penurunan indeks terbesar terjadi di Kota Bandarlampung (-41 poin) dan Samarinda (-21 poin).



(ABD)