Pekan Ini, Penyidik Garap Honggo di Singapura

Lukman Diah Sari    •    05 Agustus 2015 14:04 WIB
korupsi migas
Pekan Ini, Penyidik Garap Honggo di Singapura
Dirtipideksus Polri Brigjen Viktor Simanjuntak. (Foto: MTVN/ Farah)

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyidik Bareskrim Polri bakal kembali terbang ke Singapura. Mereka hendak memeriksa eks bos PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) Honggo Wendratmo terkait dugaan korupsi dalam penjualan kondensat milik negara.

"Kami periksa tanggal 7 Agustus, pekan ini di Singapura," kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Brigadir Jenderal Viktor Simanjuntak di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Rabu (5/8/2015).

Viktor menerangkan, penyidik tak segan bertindak tegas kepada Honggo. Bila, Honggo bersikap tak kooperatif. "Ya kalau nanti tidak mau diperiksa, kita akan lakukan tindakan hukum," tegas Victor.

Seperti diketahui, Honggo masih menjalani perawatan dan pengobatan di Singapura. Hal itu, tidak menjadi hambatan penyidik guna mengulik kasus dugaan korupsi kondensat yang kerugian negaranya sedang dihitung Badan Pemeriksa Keuangan.

Seperti diketahui, pada 9 Juli lalu Honggo sempat diperiksa penyidik di Kedutaan Besar RI di Singapura. Dia diperiksa terkait perannya sebagai salah satu pendiri sekaligus mantan Direktur TPPI ditengarai mempunyai peranan penting dalam kerja sama penjualan kondensat dengan SKK Migas.

Seperti diketahui dalam kasus ini penyidik telah menetapkan tiga tersangka yakni bekas Kepala BP Migas Raden Priyono, mantan Deputi Finansial Ekonomi dan Pemasaran BP Migas Djoko Harsono, dan bekas Dirut PT TPPI Honggo Wendratmo.


(TII)


Video /