Pertumbuhan Ekonomi akan Terpengaruh Gejolak El Nino

Dian Ihsan Siregar    •    05 Agustus 2015 15:16 WIB
pertumbuhan ekonomielnino
Pertumbuhan Ekonomi akan Terpengaruh Gejolak El Nino
Kepala BPS Suryamin (kiri) (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

‎Metrotvnews.com, Jakarta: Gejolak El Nino yang diperkirakan datang menjalang akhir tahun akan mengganggu sektor pertanian di Indonesia Timur. Alhasil, laju pertumbuhan ekonomi pun akan terganggu di tahun ini.

"El Nino ganggu sektor pertanian. Sektor pertanian sendiri di ‎kuartal II-2015 memiliki kontribusi paling besar bagi pertumbuhan ekonomi sebesar 14,33 persen," ungkap Kepala BPS Suryamin, ditemui dalam konrferensi pers Pertumbuhan Ekonomi kuartal II-2015, di Gedung BPS, Jakarta, Rabu (5/8/2015).

Ia menjelaskan, dengan mengacu kepada Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dampak El Nino diperkirakan akan melanda ke Indonesia bagian timur‎ dan tidak akan berdampak signifikan bagi Pulau Jawa. Bahkan, diperkirakan Sulawesi juga akan terkena dampak dari El Nino itu.

Untuk itu, dia berharap, pemerintah cepat mengantisipasi gejolak El Nino tersebut sehingga dampaknya tidak terlalu besar bagi Indonesia. "Tentunya produksi pertanian menurun, usaha untuk menutupnya akan keluar cost yang besar, transportasi juga meningkat, dan bakal mengancam biaya pengeluaran yang banyak," jelas dia.

Mengenai prediksi pertumbuhan ekonomi, Suryamin mengaku, pihaknya tidak ‎bisa memperkirakan karena iklim tidak bisa diperkirakan dengan baik. "Pastinya akan mendorong ke bawah (pertumbuhan ekonomi)," tuturnya.

Sekadar diketahui, BPS mencatat ekonomi Indonesia di triwulan II-2015 mengalami pertumbuhan sebanyak 4,67 persen. Angka tersebut mengalami perlambatan dibandingkan dengan triwulan II-2014 yang tumbuh 5,03 persen.


(ABD)


Video /