Menkum HAM Resmikan Perubahan Sistem Perlakuan LP Anak

Roni Kurniawan    •    05 Agustus 2015 18:53 WIB
hukum
Menkum HAM Resmikan Perubahan Sistem Perlakuan LP Anak
Menkum HAM mendatangi LP anak di Bandung, Metrotvnews.com/ Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM), Yasonna Laoly, meresmikan perubahan sistem perlakuan Lembaga Pemasyarakatan Anak menjadi Sistem Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) dan Lembaga Penempatan Anak Sementara (LPAS). Peresmian berlangsung di LP Anak Sukamiskim, Jalan Arcamanik, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu 5 Agustus.

Menurut Yasonna, perubahan sistem sebagai bentuk kelanjutan pelaksanaan dari Undang Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA) yang merupakan cara pendekatan baru yang lebih baik terhadap pembinaan anak-anak yang berkonflik dengan hukum.

"Kita percaya dengan pendekatan baru ini, pembinaan terhadap anak-anak yang bermasalah hukum akan lebih baik dan ketika mereka keluar, punya keahlian dan keterampilan," ujar Yasonna usai peresmian.

Yohanna menegaskan, lembaga pembinaan anak di daerah lain akan bertahap mengikuti yang ada di Bandung dengan memenuhi 10 prinsip pembinaan anak yang telah dicetuskan pada Selasa, 4 Agustus. Namun, untuk saat ini hal itu belum bisa terealisasikan secara serentak karena keterbatasann anggaran yang dimiliki pemerintah.

"Walau pun belum semua fasilitas kita sama seperti yang di Bandung, tapi ke depan kita harus memperbaiki lembaga-lembaga pembinaan anak lainnya. Termasuk pendidikannya, fasilitasnya, juga termasuk kelengkapan-kelengkapan yang menunjang. Tapi saat ini kita lakukan di Bandung dulu karena keterbatasan anggaran," pungkasnya.
 


(RRN)


Video /