Pilkada Malang 2015

KPU Kabupaten Malang Targetkan 75 Persen DPT Gunakan Hak Suara

Aditya Mahatva Yodha    •    05 Agustus 2015 19:00 WIB
pilkada serentak
KPU Kabupaten Malang Targetkan 75 Persen DPT Gunakan Hak Suara
Suasana di KPU Kabupaten Malang, Metrotvnews.com/ Aditya Mahatva Yodha

Metrotvnews.com, Malang: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang, Jawa Timur, menargetkan 75 persen daftar pemilih tetap (DPT) menggunakan hak suara dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2015 mendatang.

"Target angka partisipasi lebih dari 75 persen itu lebih tinggi jika dibandingkan pada Pemilu Legislatif 2014 lalu,  yang hanya 72 persen, atau sekitar 28 persen warga yang memiliki hak pilih tidak menggunakan hak pilihnya," ucap komisioner KPU Kabupaten Malang, Abdul Holik, di Kantor KPU Jalan Panji, Kepanjen, Rabu (5/8/2015).

Gus Holik, demikian ia biasa disapa, mengakui DPT belum ditetapkan. Bila mengacu pada Daftar Penduduk Potensial Pemilu (DP4) yang diterima dari Kemendagri, jumlah pemilih dalam Pilkada Kabupaten Malang nanti bisa mencapai 1,9 juta jiwa.

Demi menekan angka pemilih netral alias golput, Gus Holik mengatakan KPU bakal melakukan sosialisasi dalam kegiatan mereka secara khusus dan intensif, bahkan secara langsung, ke seluruh lapisan masyarakat, baik di desa, sekolah, dan perguruan tinggi.

"Kami akan ke road show untuk sosialisasi pilkada di desa- desa, kami juga akan bersama dinas pendidikan ke SMA dan perguruan tinggi," pungkas Gus Holik.


(RRN)


Video /