Persoalan Calon Tunggal Karena UU Pilkada Bermasalah Sejak Awal

Krisiandi    •    05 Agustus 2015 19:07 WIB
pilkada serentak
Persoalan Calon Tunggal Karena UU Pilkada Bermasalah Sejak Awal
Luthfi A Mutty. Foto: istimewa

Metrotvnews.com, Jakarta: Politikus Partai NasDem Luthfi A Mutty menilai penerbitan perppu calon tunggal tak diperlukan. Menurutnya, tak ada hal yang mendesak agar perppu itu diterbitkan.   

Dari sisi yuridis, kata dia, pembuatan Undang-Undang Pilkada sejak awal sudah bermasalah. Itu karena hal-hal semacam pencalonan tunggal tidak diatur secara tegas. Akibatnya, UU Pilkada tidak bisa menjawab kondisi yang pada akhirnya terjadi, sehingga memerlukan payung hukum lain.
 
“Sudah menjadi hal yang wajar pembuatan undang-undang di Indonesia tidak beres. Pencalonan tunggal ini sebagai contoh kasus yang nyata namun tidak diatur dalam UU. Walau ada PKPU, namun ternyata memundurkan jadwal pilkada di daerah yang hanya punya satu pasangan calon tidak diatur dengan eksplisit,” sesal Luthfi dalam keterangan tertulis, Rabu (5/8/2015).
 
Luthfi berpendapat polemik pencalonan tunggal harus ditengahi dengan perangkat hukum yang ada. Jika Perppu diterbitkan sekarang, juga tidak akan optimal, sebab dilakukan dengan ketergesaan.

Ia mengkhawatirkan dampak yang akan muncul ketika perangkat hukum mengenai pilkada ini dibuat dengan ketergesaan, maka akan menghasilkan sebuah pilkada yang tidak menyentuh ranah esensi demokrasi.
 
“Kalau perlu tunda saja beberapa daerah yang memiliki calon tunggal. Dalam PKPU kan diatur itu. Enggak usah ada perppu karena pembuatan payung hukum harus dilandasan kesadaran penuh bukan ketergesaan seperti ini. Dampaknya pasti tidak akan beres karena payung hukumnya juga diragukan kualitasnya,” tegasnya.
 
Ia meyakinkan bahwa pengunduran jadwal pilkada bagi daerah yang masih memiliki satu pasangan calon tidak akan memunculkan dampak yang signifikan. “Negara enggak bubar kok kalau ada daerah yang diundurkan pilkadanya,” tutupnya. 



(KRI)


<i>Jersey</i> Prancis Masih Laris di Moskow

Jersey Prancis Masih Laris di Moskow

1 day Ago

Perhelatan Piala Dunia 2018 Rusia telah usai, namun tidak membuat Kota Moskow sepi. Kawasan suv…

BERITA LAINNYA
Video /