KPU Gelar Rapat Pleno Terkait Rekomendasi Bawaslu

Al Abrar    •    05 Agustus 2015 21:58 WIB
pilkada serentak
KPU Gelar Rapat Pleno Terkait Rekomendasi Bawaslu
Seorang warga mencelupkan jarinya ke tinta usai memberikan hak suara dalam simulasi pemungutan dan penghitungan suara pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di halaman Kantor Komisi Pemilihan Umum. Foto: Antara/Fanny Octavianus.

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat pleno terkait rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang meminta ada perpanjangan waktu di tujuh daerah yang hanya mempunyai satu calon kepala daerah.

Pantuan Metrotvnews.com, rapat digelar secara tertutup di ruang Ketua KPU Husni Kamil Manik. Adapun yang mengikuti rapat tersebut adalah Komisioner KPU, Ida Budhiati, Hadar Nafis Gumay, Sigit Pamungkas, dan Juri Ardiantoro.

"Ya, kita mau rapat dulu nih. Nanti, nanti ya," kata Komisioner KPU Sigit Pamungkas di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol Jakarta, Rabu (5/8/2015) malam.

Sebelumnya, Bawaslu merekomendasikan agar KPU memperpanjang waktu pendaftaran pasangan calon kepala daerah selama tujuh hari dimulai besok Kamis 6 Agusutus 2015.

"Bawaslu merekomendasikan untuk memperpanjang/membuka kembali pedaftaran calon kepala daerah di tujuh daerah selama tujuh hari, adapun mekanismenya pengaturannya diserahkan kepada KPU," kata Ketua Bawaslu Muhammad, di kantornya, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (5/8/2015).

Kata Muhammad, kesepakatan perpanjangan waktu berdasarkan agar warga negara tidak kehilangan hak politiknya untuk dipilih maupun memilih dalam pilkada serentak nanti. Selain itu, kataa Muhammad rekomendasi sudah disepakti oleh lembaga terkait seperti KPU, Bawaslu dan DKPP.

"Bawaslu akan melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan perpanjangan/pembukaan kembali dftar psangan calon kepala daerah di tujuh daerah," tukasnya.

Adapun tujuh daerah tersebut adalah Tasikmalaya (Jabar), Surabaya, Blitar, Pacitan (Jatim), Kota Mataram (NTB), Kota Samarinda (Kaltim) dan Kabupaten Timor Tengah Utara (NTT).

 


(DRI)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

1 day Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /