PDIP Bersikukuh Terbitkan Perppu Calon Tunggal

Desi Angriani    •    06 Agustus 2015 01:48 WIB
pilkada serentak
PDIP Bersikukuh Terbitkan Perppu Calon Tunggal
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly (kiri) menerima berkas perubahan AD/ART dan kepengurusan baru PDIP yang diserahkan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (tengah) dan Wakil Sekretaris Jenderal Ahmad Basarah. Fot

Metrotvnews.com, Jakarta: PDI Perjuangan tetap bersikukuh meski Presiden Joko Widodo batal mengeluarkan Perppu calon tunggal terkait tujuh daerah yang hanya memiliki satu pasangan calon di pilkada serentak, 9 Desember 2015.

"Saya tidak tahu sikap parpol-parpol lain tapi PDIP punya sikap demikian (tetap terbitkan Perppu)," kata Wakil Sekjen PDI Perjuangan Ahmad Basarah di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/8/2015).

Menurutnya, perppu calon tunggal menjadi solusi terbaik agar pelaksanaan pilkada bagi 7 daerah itu tidak ditunda hingga 2017. Pasalnya, Pelaksana Tugas (Plt) kepala daerah tak dapat menjalankan fungsinya secara maksimal.

"Mereka enggak akan punya kepala daerah definitive sampai 2017. Maka yang dirugikan adalah masyarakat di daerah tersebut," jelas Ketua Fraksi PDIP di MPR ini.

Ia pun membantah desakan penerbitan perppu demi kepentingan PDIP. "Ini bukan karena 4 dari 7 kepala daerah itu PDIP," pungkasnya.

Presiden Jokowi sebelumnya batal mengeluarkan perppu calon tunggal lantaran belum berada pada situasi darurat pilkada.

"Itu dilakukan dalam posisi kegentingan. Ini udah genting belum? Belum kan," kata Jokowi.


(DRI)


Bungkam Malaysia, Vietnam Juara Piala AFF 2018
Leg II FInal PIala AFF 2018

Bungkam Malaysia, Vietnam Juara Piala AFF 2018

26 minutes Ago

Gelar itu diraih usai membungkan Malaysia 1-0 pada leg kedua babak final di My Dinh National St…

BERITA LAINNYA
Video /