Kadisdik DKI Buka Suara Soal Keterlambatan Gaji Guru

Damar Iradat    •    06 Agustus 2015 03:49 WIB
dki jakarta
Kadisdik DKI Buka Suara Soal Keterlambatan Gaji Guru
Ribuan guru perwakilan dari seluruh Indonesia menghadiri acara puncak peringatan Hari Guru Nasional. Foto:Antara/Widodo Jusuf.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Arie Budhiman buka suara soal keterlambatan pembayaran gaji guru. Sejak Januari 2015, guru-guru di DKI tidak pernah menerima gaji tepat waktu.

Menurut Arie, keterlambatan gaji tersebut memang menjadi persoalan. Masalahnya, yang mengurus gaji-gaji pegawai negeri sipil (PNS) merupakan Badan Kepegawaian Daerah.

"Kalau gaji seluruh PNS, termasuk gaji saya dan gaji guru-guru itu yang mengurus adalah Badan Kepegawaian Daerah," terang Arie kepada Metrotvnews.com lewat pesan singkat.

"Keterlambatan biasanya karena adanya perubahan data yang memerlukan waktu untuk verifikasi," sambung dia.

Arie juga mengakui jika pihak Dinas Pendidikan tidak memberikan pemberitahuan resmi terkait keterlambatan gaji para guru. "Pemberitahuan memang dilakukan agar mereka mengetahui saja," tuturnya.

Sebelumnya, Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Retno Listyarti menyayangkan hal tersebut. Pasalnya, para guru juga harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk hidup.

"Kalau di lapangan para guru mengeluh karena gaji itu ditunggu-tunggu dan peruntukannya sudah jelas, untuk anak, cicilan motor, bayar kos. Beratnya di situ, gaji kan untuk pos pos tertentu," jelas Retno saat ditemui di PTUN Jakarta, Jalan Sentra Timur, Cakung, Jakarta Timur, Selasa (4/8/2015) kemarin.

"Untuk makan biasanya para guru menggunakan uang tunjangan kinerja daerah (TKD) ya," tambah dia.


(DRI)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

1 day Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /