Tidak Perlu Password, Hacker Bisa Manfaatkan Kelemahan Mac OS X

Lufthi Anggraeni    •    06 Agustus 2015 09:39 WIB
apple
Tidak Perlu Password, Hacker Bisa Manfaatkan Kelemahan Mac OS X

Metrotvnews.com: Kelemahan lain ditemukan pada OS X, memungkinkan hacker menyusup ke Mac tanpa memerlukan password. Sudoers, dokumen tersembunyi di OS X, dimanfaatkan untuk menyusun izin tiap bagian yang dimiliki software. Dokumen disimpan dengan format berbeda pada OS X Yosemite, sehingga memungkinkan izin yang terdaftar terinfeksi malware.

Stefan Esser, seperti yang dikutip NextPowerUp, adalah seorang jailbreaker iOS, yang berhasil menemukan kelemahan ini. Esser merilis kelemahan ini ke publik agar Apple dapat memperbaikinya. Esser turut merilis kernel ekstensi yang dapat membantu Anda melindungi Mac. Kelemahan ini bisa digunakan untuk memasang adware seperti VSearch dan Genieo.

Beberapa anggota komunitas keamanan tidak menyetujui cara Esser bereaksi atas situasi ini dan menganggap keputusannya untuk merilis detil kelemahan ini justru memungkinkan malware menyerang komputer. Lazimnya, seorang peneliti keamanan akan melaporkan kepada Apple terlebih dahulu agar mereka memperbaiki celah yang membahayakan pengguna. Sesudah kelemahan tersebut ditutup, barulah sang peneliti mengumumkannya kepada publik.




(ABE)


Timnas Bertekad Akhiri Catatan Buruk di Stadion Rajamangala

Timnas Bertekad Akhiri Catatan Buruk di Stadion Rajamangala

52 minutes Ago

Timnas Indonesia bertekad mencuri poin penuh saat bertandang ke markas Thailand pada laga ketig…

BERITA LAINNYA
Video /