Malaysia, Prancis Beda Konfirmasi Puing MH370, Keluarga Frustrasi

Fajar Nugraha    •    06 Agustus 2015 09:57 WIB
malaysia airlines
Malaysia, Prancis Beda Konfirmasi Puing MH370, Keluarga Frustrasi
PM Malaysia Najib Razak (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Keluarga dari penumpang pesawat Malaysia Airlines MH370, frustrasi menunggu kepastian mengenai puing. Konfirmasi bertolak belakang antara Malaysia dan Prancis menjadi penyebabnya.

Sebelumnya Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengumumkan bahwa puing yang ditemukan di Pulau Reunion, Prancis, merupakan bagian dari pesawat Malaysia Airlines MH370. Namun pihak penyelidik Prancis yang memeriksa puing berkata berbeda. Mereka hanya menyebutkan ada indikasi kuat bahwa bagian flaperon itu berasal dari MH370.

Ketidakpastian ini yang membuat pihak keluarga marah besar. Mereka mengecam pengumuman berbeda dari kedua belah pihak.

"Untuk apa kalian mengeluarkan pernyataan yang menyebutkan satu mengkonfirmasi, sementara yang lainnya tidak!," ujar Sara Weeks, adik dari Paul Weeks yang berada di pesawat itu, seperti dikutip Associated Press, Kamis (6/8/2015).

"Kenapa tidak menunggu dan meminta semuanya satu suara sehingga keluarga tidak perlu menghadapi ketidakpastian ini," kecam Weeks.

"Setelah 17 bulan, kami membutuhkan jawaban pasti. Kami perlu mendapatkan perkembangan, jawaban dan meraih kepastian," tegasnya.

Sekitar dua pertiga berasal dari Tiongkok. Seorang warga bernama Xu Jinghong mengatakan, tidak mengerti mengapa pihak Malaysia dan Prancis tidak mengeluarkan pernyataan bersama.

"Saya sangat marah, hingga tangan dan kaki terasa dingin. Pengumuman tidak didampingi para ahli dari Prancis. Saya tidak mengerti mengapa prosedur ini terjadi," tutur Xu.

Pengumuman dari PM Najib memberikan bukti fisik pertama yang ditemukan. Diharapkan penemuan bisa menguak misteri pesawat yang hilang pada Maret 2014 itu.
 


(FJR)