Koruptor Lebih Takut Dimiskinkan Ketimbang Dihukum Mati

M Rodhi Aulia    •    06 Agustus 2015 11:09 WIB
kasus korupsi
Koruptor Lebih Takut Dimiskinkan Ketimbang Dihukum Mati
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. (Foto:MI/Arya)

Metrotvnews.com, Jakarta: Koruptor Indonesia dinilai tidak takut menghadapi hukuman mati. Pencuri uang rakyat lebih takut dimiskinkan dan keluarganya dipermalukan di depan publik.
 
Gubernur DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama mengatakan, hukuman mati kurang pas diberikan kepada koruptor. Pasalnya, koruptor tidak takut merampok uang rakyat walau nyawa taruhannya.
 
"Saya lebih suka miskinkan semua keluarganya. Koruptor enggak takut mati. Kenapa orang berani antar narkoba walau hukumannya mati. Karena kekayaannya gede. Kalau ketangkap, pakai pengacara yang hebat, dia bilang enggak korupsi, bisa mutar-mutar," kata Ahok di di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (6/8/2015).
 
Mantan Bupati Belitung Timur ini lebih suka opsi pemiskinan para koruptor dan seluruh anggota keluarganya yang terlibat. Selain itu, jangan berikan hak-hak narapidana seperti grasi kepada koruptor. Begitupun remisi atau pemotongan masa tahanan. Ia lebih suka hak napi dikecualikan untuk koruptor.
 
"Jadi kalau kamu terbukti korupsi, enggak ada pemotongan tahanan, enggak boleh pindah-pindah penjara. Karena setiap kali pindah penjara, modusnya tuh pindah satu dapat remisi. Pindah lagi remisi. Pindah-pindah lagi carinya yang sejuk, yang gede. Keluar masih kaya-raya," sesal Ahok.
 
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengaku belum memiliki bayangan sama sekali untuk mengeksekusi mati terpidana kasus korupsi.  Meski demikian, jika pihak yang pro dinilai aktif dan begerak mendukung hukuman terberat dijalankan, pihaknya akan merevisi undang-undang yang ada.
 
"Tapi kalau masyarakat mendorong ke arah itu (hukuman mati), nanti kita lihat perkembangannya. Harus revisi undang-undang itu. Sekarang masyarakat dua kelompok. Ada yang mengatakan hukuman mati jangan," kata dia.


(FZN)

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya
Jelang Tottenham vs Juventus

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya

1 day Ago

Striker Tottenham Hotspur, Fernando Llorente, menegaskan tidak akan merayakan jika dia mencetak…

BERITA LAINNYA
Video /