Pemkot Surabaya Serahkan Lahan Guna Pembangunan Tol Sumo

Amaluddin    •    06 Agustus 2015 11:28 WIB
jalan tol
Pemkot Surabaya Serahkan Lahan Guna Pembangunan Tol Sumo
Foto: Warga melintas di area pengerjaan jalan Tol Surabaya-Mojokerto (Tol Sumo) di Sidoarjo, Jawa Timur/Ant_Suryanto

Metrotvnews.com, Surabaya: Pemerintah Kota Surabaya menyerahkan aset lahan seluas 163.179 m2 di kawasan Warugunung, Karangpilang, Surabaya, kepada Kementerian Pekerjaan Umum (PU) untuk pembangunan Tol Surabaya-Mojokerto (Tol Sumo). Pemkot Surabaya pun mendapat ganti rugi lahan seluas 494.760 m2 atau senilai Rp112,6 miliar.

"Setelah tanahnya ditaksir berapa, kita sudah dapat gantinya," kata Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (6/8/2015).

Risma mengatakan pihaknya memilih ganti rugi lahan dengan lahan guna pembangunan kota menjadi lebih baik. Lahan milik Pemkot Surabaya yang diserahkan ke Kementerian PU untuk pembangunan Tol Sumo termasuk lahan milik SMPN 24 Surabaya dan lahan Kelurahan Warugunung.

Risma mengaku pihaknya sudah membuatkan bangunan baru sebagai pengganti lahan milik SMPN 24 Surabaya itu. Ia berharap bangunan baru untuk SMPN 24 Surabaya itu dapat segera digunakan.

Sementara aset lahan yang diperoleh Pemkot Surabaya sebagai ganti rugi itu berupa lima bidang tanah di Kelurahan Medokan Ayu, 19 bidang tanah di Kelurahan Sumberrejo, dan 5 bidang tanah di Kelurahan Waru Gunung.

Masih ada delapan persil (bidang) tanah milik warga yang belum dibebaskan untuk kepentingan pembangunan Tol Sumo. Sisa lahan itu, kata Risma, adalah tugas pemerintah pusat.

"Secara teknis kami tidak terlibat proyek tol itu. Jadi kami bukan panitia pembebasan lahan," katanya.

Jalan Tol Surabaya-Mojokerto (Tol Sumo) sepanjang 36,27 kilometer dibangun sejak 2007. Proyek yang dibangun PT Marga Nujyasumo Agung dan rekanan Kementerian PU ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa.


(TTD)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

6 minutes Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /