Pertumbuhan Ekonomi Sultra Capai 7,45%

Antara    •    06 Agustus 2015 11:28 WIB
ekonomi daerah
Pertumbuhan Ekonomi Sultra Capai 7,45%
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Metrotvnews.com, Kendari: Pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tenggara (Sultra) sepanjang kuartal II-2015 mencapai sebesar 7,45 persen atau lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya tercatat sebesar 4,7 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sultra Adi Nugroho mengatakan, pertumbuhan ekonomi Sultra sebesar 7,45 persen tersebut sudah lebih baik dibandingkan dengan kuartal I-2015. "Pada kuartal I-2015, pertumbuhan ekonomi Sultra hanya tercatat sebesar 6,73 persen," katanya, di Kendari, Kamis (6/8/2015).

Menurut dia, sektor paling besar memberi kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi Sultra tersebut adalah sektor konstruksi, yakni menyumbang sebesar 15,66 persen dari angka pertumbuhan ekonomi Sultra sebesar 7,45 persen. 

"Sektor tersebut memberi kontribusi terbesar karena di kuartal II-2015 Pemerintah Provinsi Sultra mengerjakan pengaspalan jalan dan membangun sejumlah jembatan," ujarnya.

Sedangkan sektor yang memberi kontribusi terbesar kedua dari pertumbuhan ekonomi Sultra, lanjut dia, adalah sektor jasa keuangan. "Sektor tersebut berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Sultra karena pada kuartal II-2015 banyak penyaluran kredit baik di perbankan maupun Pegadaian," ujarnya.

Sementara itu, secara nasional, sektor yang memberi sumbangan terbesar bagi pertumbuhan ekonomi pada kuartal II-2015 adalah sektor pertanian dalam arti luas, disusul sektor pendidikan dan kesehatan. "Dalam kuartal II-2015 ketiga sektor itu mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan," pungkasnya.


(ABD)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

10 hours Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /