Pelemahan Rupiah Bakal Tekan Pertumbuhan Ekonomi

Arif Wicaksono    •    06 Agustus 2015 11:33 WIB
ekonomi indonesia
Pelemahan Rupiah Bakal Tekan Pertumbuhan Ekonomi
Ilustrasi -- FOTO: MI/RAMDANI

Metrotvnews.com, Jakarta: Pergerakan mata uang rupiah akan mengalami penurunan seiring dengan dampak ekspektasi Federal Reserve yang akan menaikkan tingkat suku bunga. Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS terus merosot di rentang terendah Rp13.249,3 per USD dan tertingginya di Rp13.509,8 per USD.

Kepala Analisis Pasar FXTM Jameel Ahmad menuturkan tren tersebut dapat mendorong volume ekspor Indonesia sebagaimana harga barang akan menjadi lebih murah. Namun ada risiko bahwa pelemahan harga emas dapat memukul performa PDB, di mana Indonesia adalah negara yang memasok sekitar empat persen ekspor emas dunia.

“Sentimen investor terhadap rupiah sedang tertekan dan terdorong oleh beberapa faktor, seperti ramalan bahwa tingkat suku bunga AS tetap kuat dan perekonomian Indonesia yang mengalami imbas negatif dari pelemahan harga komoditas," kata dia dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (6/8/2015).

Selain faktor di atas, devaluasi rupiah tengah menyelaraskan risiko inflasi karena nilai tukar yang lemah akan menjadikan harga produk impor semakin mahal. "Akibatnya pertumbuhan PDB Indonesia juga akan mengalami tekanan," kata dia.

Mengutip data Bloomberg, pergerakan rupiah pagi ini dibuka ke posisi 13.534 per USD jika dibandingkan dengan pergerakan sebelumnya di Rp13.515 per USD. Namun demikian, gerak rupiah selanjutnya naik turun dan saat ini mendekam di posisi Rp13.521 atau menguat sebesar enam poin yang setara dengan 0,04 persen.

Sementara itu, berdasarkan data Yahoo Finance, rupiah dibuka ke posisi Rp13.517 per USD. Adapun gerak rupiah makin melemah 23 poin atau setara 0,17 persen ke posisi Rp13.542 per USD.


(AHL)

Infografik: Adu Tajam Ronaldo vs Kane

Infografik: Adu Tajam Ronaldo vs Kane

1 hour Ago

Ronaldo dan Kane sama-sama mencetak 43 gol sepanjang 2017. Siapakah yang lebih tajam di antara …

BERITA LAINNYA
Video /