KPK Santai Tanggapi Laporan Kaligis ke Bareskrim

Yogi Bayu Aji    •    06 Agustus 2015 14:34 WIB
kpk tangkap hakim ptun
KPK Santai Tanggapi Laporan Kaligis ke Bareskrim
Plt Pimpinan KPK, Johan Budi SP-----MI/Rommy P

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) santai menanggapi laporan advokat senior Otto Cornelis Kaligis ke Badan Reserse Kriminal Polri. Kaligis melapor lantaran merasa diculik lembaga antikorupsi.

"Soal laporan OCK ke Bareskrim, silakan saja. Itu hak yang bersangkutan mau lapor ke mana saja," kata Pelaksana Tugas Pimpinan KPK Johan Budi, saat dikonfirmasi, Kamis (6/8/2015).

Johan menilai, Bareskrim di bawah asuhan Komjen Budi Waseso bakal menangani laporan Kaligis yang juga tersangka di KPK dengan bijak. Dia pun tak mau memusingkan langkah Kaligis ini.

"Saya yakin pihak Bareskrim jernih melihat persoalan. Silakan saja," jelas dia.

Sementara, Komjen Budi Waseso mengaku sudah menerima laporan yang disampaikan keluarga Kaligis. Laporan tengah dikaji polisi.

"Sudah (diterima laporannya), ini sedang dikaji. Kan sebagaimana yang saya sampaikan bahwa kita akan mengkaji, kalau sudah terpenuhi akan kita tindaklanjuti," kata Kabareskrim Komjen Budi Waseso di Bareskrim Polri, Jalan Trunojoyo Nomor 1, Jakarta Selatan, Kamis tadi.

Menurut Budi, keluarga Kaligis melaporkan terkait dugaan penculikan dan dugaan penyalahgunaan kewenangan atas penangkapan pengacara senior itu. Diketahui, Kaligis dijemput dan ditahan KPK pada 14 Juli lalu.

Kaligis dijemput penyidik KPK di salah satu hotel di Jakarta untuk diperiksa terkait kasus suap terhadap hakim Pengadilan Tata Usaha Negara Medan. Penyidik menduga ada keterlibatan Kaligis setelah memeriksa anak buah, M. Yagari Bastara alias Gerry yang tertangkap tangan menyuap hakim PTUN Medan, pada 9 Juli lalu.

KPK kemudian menetapkan Kaligis sebagai tersangka. Dia diduga melanggar Pasal 6 ayat 1 huruf a dan Pasal 5 ayat 1 huruf a atau huruf b dan atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah UU 20 Tahun 2010 jo Pasal 64 ayat 1 jo Pasal 55 ayat 1 KUHP.


(TII)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

10 hours Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /