Menperin Minta Produk Kandungan Lokal Diprioritaskan

Husen Miftahudin    •    06 Agustus 2015 16:06 WIB
kementerian perindustrian
Menperin Minta Produk Kandungan Lokal Diprioritaskan
Saleh Husein Dok/MetroTV

Metrotvnews.com, Surabaya: Menteri Perindustristrian (Menperin) Saleh Husin meminta pada penyelenggara pameran industri nasional untuk memprioritaskan produk-produk kaya akan kandungan lokal. Ini dilakukan untuk mendorong pelaku industri nasional menggunakan kandungan lokal seutuhnya.

"Ini sekaligus penghargaan, wujud fairness, dan hubungan timbal balik. Pemerintah kan mendorong rekan-rekan pengusaha menambah komponen lokal, jadi sudah selayaknya mereka mendapat apresiasi berupa prioritas pameran," ujar Saleh dalam keterangan tertulisnya, Surabaya, Kamis (6/8/2015).

Dorongan tersebut dilakukan di Pameran Produksi Industri (PPI) yang dilaksanakan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) di Grand City Convention and Exhibition Hall, Surabaya pada 6-9 Agustus 2015. Sebelumnya, ia juga mendorong peningkatan kandungan lokal pada industri nasional pada pameran serupa yang dilakukan pihaknya di BSD City, Tangerang Selatan.

Pameran tersebut sebagai wujud upaya pemerintah untuk mempromosikan kemampuan industri dalam negeri dalam menghasilkan produk-produk yang berkualitas dan memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang tinggi. Tujuannya, supaya masyarakat mengenal, membeli, memakai dan bangga dengan produk-produk Tanah Air.

Para pelaku usaha industri juga diharapkan meningkatkan kemampuan dan kapasitas produksi, sehingga mampu menghasilkan barang dan jasa yang bernilai tambah dan berdaya saing tinggi, serta dapat memenuhi kebutuhan pasar domestik dan ekspor.

Penggunaan produk dalam negeri juga menjadi strategi menghadapai pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada akhir 2015. Hal ini menjadi upaya kolektif bangsa untuk meningkatkan daya saing dan produktivitas industri dalam negeri.

"Makin bertambahnya penggunaan dalam negeri bukan saja membuka peluang, tapi juga menciptakan lapangan kerja dari industri hulu hingga hilir," pungkas Saleh.



(SAW)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /