Dorong Investasi, BKPM Intensifkan Pemantauan Proyek Investasi

Annisa ayu artanti    •    06 Agustus 2015 16:22 WIB
bkpm
Dorong Investasi, BKPM Intensifkan Pemantauan Proyek Investasi
Kepala BKPM Franky Sibarani (kanan) (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyatakan akan mengintensifkan pemantauan proyek investasi yang sedang dilakukan konstruksi, sehingga realisasi investasi semester II-2015 dapat meningkat dan memberikan kontribusi terhadap percepatan pertumbuhan ekonomi.

Kepala BKPM Franky Sibarani mengungkapkan, untuk pemantauan tersebut, pihaknya akan memfokuskan kepada beberapa proyek investasi yang berdampak besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, seperti industri padat karya dan mendukung terciptanya ekspor.

“Pemantauan terhadap proyek investasi yang sedang memasuki tahap konstruksi ini memiliki arti penting. Selain menunjukkan investasi tetap bergeliat dan mendorong pergerakan ekonomi," kata Franky, dalam siaran persnya, di Jakarta, Kamis (6/8/2015).

Franky menjelaskan, proyek investasi ini akan menunjukan ekonomi Indonesia di satu sampai dua tahun mendatang. "Proyek investasi ini juga menunjukkan ekonomi Indonesia dalam kurun waktu satu sampai dua tahun mendatang semakin meningkat karena adanya penyerapan tenaga kerja, peningkatan ekspor dan pengurangan impor," jelas dia.

Franky menambahkan, BKPM akan melakukan pemantauan 100 proyek investasi yang sedang melaksanakan konstruksi, untuk tahap yang kedua.

"Sebelumnya, dalam pemantauan terhadap 54 proyek investasi yang sedang memasuki tahap konstruksi, BKPM memproyeksikan adanya potensi ekspor senilai USD3,5 miliar per tahun pada 2015 dan 2016," papar dia.

Lebih lanjut, Franky juga memproyeksikan dalam kurun waktu tersebut dapat terserap 44 ribu tenaga kerja langsung dan juga memastikan proyeksi ekspor, yang mana realisasinya dapat membuat pertumbuhan positif ekonomi Indonesia.

"BKPM juga akan tetap memantau 54 proyek tersebut untuk memastikan proyeksi potensi ekspor dan penyerapan tenaga kerja di atas dapat terealisasi. Realisasi tersebut dapat memberi sinyal positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia," pungkas Franky.


(ABD)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

3 days Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /