Sistem Dwelling Time akan Capai 4 Hari

Dian Ihsan Siregar    •    06 Agustus 2015 16:59 WIB
dwelling time
Sistem <i>Dwelling Time</i> akan Capai 4 Hari
Ilustrasi Dwelling Time. ANTARA FOTO/Wahyu Putro

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator bidang Perekonomian Sofyan Djalil akan memperbaiki sistem waktu bongkar muat (dwelling time) mencapai empat hari.

"Ada sejumlah hal yang dilakukan berbagai pihak, dari berbagai kementerian," tutur Sofyan, usai rapat koordinasi dwelling time, di kantornya Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Kamis (6/8/2015).

Menurut Sofyan, ada 15 hal terkait dwelling time yang harus diperbaiki. Mulai dari aturan, perbaikan praktik national single window (NSW), sampai single submission. "Nanti ada sejumlah tindakan yang diambil oleh masing-masing kementerian," tambah Sofyan.

Dia mengakui, percepatan efisiensi dwelling time akan mulai dijalankan pada Oktober 2015, dengan target pada Desember tahun ini setidaknya sudah mencapai 95 persen.

"Target efektif jangka pendek Oktober, jangka menengah akhir Desember, ada beberapa hal yang tidak mempengaruhi dwelling time, empat hari kita harapkan bisa dicapai pada 95 persen pada Desember," tegas dia.

Ditemui di tempat yang sama, Menteri Koordinator bBidang Kemaritiman Indoyono Soesilo menambahkan, dwelling time akan dibuat selama 3,5-4 hari. Langkahnya dengan cara mengurangi jumlah laporan dari surveyor‎, sehingga tidak lagi menggunakan laporan surveyor, tim dari bea cukai, serta otoritas pelabuhan.

"Untuk lebih diperketat, yang precustom dilaksanakan, dan post-costum kalau bisa satu hari. Jadi diupayakan enggak lagi pelabuhan dijadikan tempat penimbunan barang, begitu selesai, bea cukai keluar," pungkasnya.


(AHL)

Real Madrid Memboyong 20 Pemain saat Menyambangi APOEL
Jelang APOEL vs Real Madrid

Real Madrid Memboyong 20 Pemain saat Menyambangi APOEL

1 hour Ago

Real Madrid akan berhadapan dengan APOEL pada penyisihan Grup H Liga Champions 2017 -- 2018, 22…

BERITA LAINNYA
Video /